Ilustrasi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi.
Ilustrasi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi. ( SHUTTERSTOCK/FIDIA HELIANTI)

Tanpa Garam Bleng Dan Penyeap Rasa, Ini Cara Membuat Kerupuk Gendar

24 November 2020 10:56 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya pembuatannya kerupuk gendar menggunakan garam bleng yang berfungsi untuk mengeyalkan adonan kerupuk. Kerupuk gendar merupakan terbuat dari nasi. Cukup bumbu dapur sederhana, pada resep kali ini kamu tidak perlu menggunakan garam bleng maupun penyedap buatan. Apabila punya nasi sisa semalam, kamu dapat mengolahnya menjadi kerupuk gendar. Namun, pastikan nasinya tidak berlendir maupun berbau. Boleh juga pakai nasi yang pulen tetapi suhunya tidak dingin. Berikut resep kerupuk gendar dari Executive Chef dari Hotel Santika Premiere Yogyakarta Totok Siswantoko, seperti dilansir dari Kompas.com.

Resep kerupuk gendar

Bahan

  • 500 gram nasi putih
  • 16 gram bawang putih bubuk
  • 20 ml air
  • 5 gram ketumbar bubuk
  • 7 gram garam
  • Ebi halus secukupnya
  • Terasi secukupnya

Cara membuat kerupuk gendar

  1. Campur bawang putih, ketumbar, garam, ebi halus, dan terasi. Tuang air, aduk hingga bumbu larut.
  2. Tuang bumbu ke nasi. Uleni nasi hingga kalis.
  3. Kukus adonan nasi sampai panasnya masuk ke bagian dalam. Angkat dan haluskan nasi selagi hangat.
  4. Ambil satu sendok makan adonan nasi. Letakkan di atas plastik, tutup lagi dengan plastik. Gilas adonan menggunakan roller pin atau botol, sampai tipis dan bentuknya segi empat.
  5. Pindahkan ke atas tampah. Jemur di bawah sinar matahari selama 2 hari. Pastikan kerupuk benar-benar kering. Alternatifnya, keringkan adonan dalam oven selama 6 jam dengan api sedang.
  6. Apabila kerupuk sudah kering merata, goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Tujuannya supaya kerupuk mekar dan teksturnya renyah. Angkat dan tiriskan. Kamu bisa menyimpan kerupuk gendar di dalam stoples atau wadah yang tertutup rapat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Kerupuk Gendar dari Nasi Sisa, Tanpa Garam Bleng dan Penyedap", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/23/170700875/resep-kerupuk-gendar-dari-nasi-sisa-tanpa-garam-bleng-dan-penyedap.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm