Ilustrasi jagung.
Ilustrasi jagung. ( Dok. Shutterstock/All for you friend)

Agar Tak Kering Dan Tetap Manis, Berikut 3 Cara Tepat Menyimpan Jagung

26 November 2020 07:56 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya jagung akan berubah menjadi kering dan rasanya jadi tidak manis jika disimpan dengan cara atau lokasi kurang tepat. Setelah dipetik, gula dalam biji mulai terurai dan berubah menjadi pati. Apabila jagung disimpan pada lokasi bersuhu hangat, maka tongkol jagung akan berubah seperti bertepung. Ada cara mencegah jagung berubah jadi kering. Dilansir dari Taste of Home, lokasi simpan jagung yang tepat adalah di dalam kulkas. Suhu dingin dapat menjaga gula alami dalam jagung. Berikut cara menyimpan jagung yang tepat di kulkas:

1. Jangan kupas dan cuci jagung

Ada baiknya jangan kupas dan cuci jagung sebelum simpan jagung dalam kulkas. Melansir My Recipes, cara ini dapat menjaga jagung tetap segar selama lima hingga tujuh hari. Kulit jagung mampu menjaga kelembapan biji jagung agar tidak mengering karena terekspos udara. Jika jagung terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam kulkas, kupas beberapa helai saja kulit jagung.

2. Bungkus jagung dalam kantong plastik, tetapi jangan terlalu ketat

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, jagung harus dibungkus dengan aman di dalam kantong plastic. Selain kulitnya, kantong plastik merupakan lapisan pelindung lain untuk menjaga kelembapan jagung. Namun, pastikan kantong plastik cukup longgar untuk membungkus jagung. Membungkus jagung terlalu rapat di dalam kantong plastik justru akan memperangkap uap air yang menyebabkan tumbuhnya jamur.

3. Bungkus dengan aluminium foil dan wadah kedap udara

Kamu bisa menyimpan jagung yang sudah masak dengan bungkus aluminium foil. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah kedap udara. Jagung akan awet di dalam kulkas selama tiga sampai lima hari. Jika ingin lebih lama, bisa dibekukan di freezer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Jagung agar Tidak Kering dan Tetap Manis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/11/18/200600175/cara-simpan-jagung-agar-tidak-kering-dan-tetap-manis.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm