Pelumas kendaraan (www.netwaste.org.au)
Pelumas kendaraan (www.netwaste.org.au) ( kompas.com)

Mobil Murah Wajib Pakai Oli Encer, Fakta Atau Mitos?

26 November 2020 18:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Memang Ada informasi yang menyebutkan kalau pemilik mobil murah alias segmen low cost green car ( LCGC) harus menggunakan jenis pelumas atau oli encer atau viskositas (kekentalan) rendah. Salah satu alasannya, untuk menyempurnakan perfoma dan juga efisiensi bahan bakar.

Didi Ahadi dari Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, tidak selalu seperti itu. Paling baik, kata Didi, adalah dengan selalu menggunakan pelumas dengan viskositas rekomendasi pabrikan.

Cara paling mudah mengetahui level viskositas pada oli mesin, biasanya tercantum pada kemasan pelumas. Semakin kecil angka yang tertera, maka lebih encer juga level kekentalan pelumas.

“Untuk mobil murah atau LCGC sebaiknya menggunakan grade oli 0W-20, 5W-30 dan 10W-30,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Ditambahkan Didi, memang ada range yang bisa dipakai, tetapi selalu ada spesifikasi rekomendasi oli yang paing terbaik buat setiap mobil.

Menurut Didi, bila pemilik mobil menggunakan SAE 10W-30 atau viskositas oli mesin yang lebih tinggi dalam temperatur yang sangat rendah, mesin mobil mungkin menjadi sulit dihidupkan, sehingga oli mesin SAE 0W-20 atau 5W-30 direkomendasikan.

“0W-20 menunjukkan karakteristik oli yang memiliki kemampuan start lebih mudah saat cuaca dingin. Itu untuk mencegah agar olinya tidak membeku. Tetapi jika di daerah tropis, itu tidak perlu terlalu encer.” ucap Didi.

Sebab kata Didi, bila pemilik mobil tidak menggunakan oli sesuai grade yg direkomendasikan bisa saja oli tidak dapat bersirkulasi dengan baik.

“Kondisi ini tentunya membuat oli tidak dapat melumasi dengan maksimal, sehingga bisa menyebabkan keausan parts,” tutur Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Murah Wajib Pakai Oli Encer?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/25/104200015/mitos-atau-fakta-mobil-murah-wajib-pakai-oli-encer-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm