Tugu Simpang 5 Kota Pangkalpinang
Tugu Simpang 5 Kota Pangkalpinang ( Facebook: Maulan Aklil)

Berbentuk Parang, Tugu Simpang Lima Percantik Kota Pangkalpinang

1 Desember 2020 09:19 WIB

 

SONORABANGKA.ID - Tugu Simpang Lima yang berada di Jalan Theresia, tepat di simpang SD Santa Theresia Kota Pangkalpinang atau di belakang Gedung Radio Sonora Bangka sudah selesai dibangun.

Tugu di taman tematik (taman yang dibuat dengan tema tertentu) yang berwarna putih bebentuk alat senjata parang itu memancarkan cahaya yang indah ketika malam hari.

Pesona keindahan di taman tematik ini semakin berasa dengan adanya lampu warna-warni pada tulisan Simpang Lima yang kian mempercantik Kota Pangkalpinang.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Pangkalpinang, Miego menuturkan, Tugu Simpang Lima merupakan hasil kerja tim perencana Disperkim Pangkalpinang, dengan mengangkat atau melambangkan senjata alat tradisional Bangka Belitung berupa parang berjumlah lima buah identik dengan lokasi tersebut yaitu Simpang Lima.

"Sekalian menunjukkan kepada masyarakat Pangkalpinang dan luar Pangkalpinang bahwa di Pangkalpinang juga ada Simpang Lima," kata Miego dikutip dari Bangkapos.com, Sabtu (28/11/2020).

Miego mengungkapkan, pembangunan tersebut menggunakan dana APBD Kota Pangkalpinang senilai Rp 190 juta.

"Harapannya dengan ada tugu tersebut dapat diterima dan dijaga oleh masyarakat, untuk mempercantik dan memperindah kota Pangkalpinang yang merupakan komitmen Walikota Pangkalpinang sesuai tagline Kota Pangkalpinang, Kota beribu senyuman," tutur Miego.

Menurutnya, Tugu Simpang Lima itu memberi suasana yang baru di lokasi tersebut, sebab tugu yang lama sudah pudar dan terkesan kumuh.

"Memberi tempat baru, spot bagi masyarakat untuk berselfi dan tempat tersebut memberi kesan bahwa belum ke Pangkalpinang kalau belum berkunjung atau berfoto di tugu simoang lima," katanya.

Ia pun mengatakan, selama ini banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa di daerah situ memiliki Simpang Lima.

"Nah kenapa tidak kita buat simpang lima saja, dengan harapan para wisatawan baik dari Nasional maupun lokal kita di Bangka Belitung bisa tau dan berselfie ria di simpang lima yang kita buat itu," jelas Miego.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Tugu Simpang Lima Berbentuk Parang Percantik Wajah Kota Pangkalpinang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.