Yamaha Lexi 125 menggunakan lampu depan LED. (Febri Ardani/KompasOtomotif)
Yamaha Lexi 125 menggunakan lampu depan LED. (Febri Ardani/KompasOtomotif) ( kompas.com)

Memanaskan Motor Depan Tembok Bikin Rusak Lampu, Mitos atau Fakta?

1 Desember 2020 20:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pemilk sepeda motor diantaranya adalah “memanaskan” sebelum bepergian. Ini dilakukan supaya oli bisa bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama memanaskan kendaraan. Salah satunya terkait tempat.

Ribut Wahyudi sebagai Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere menyarankan, supaya tidak memanaskan motor dengan jarak yang terlalu dekat dengan tembok.

Khususnya bagi motor kekinian yakni lampu utamanya otomatis menyala jika mesin dinyalakan. Karena, hal tersebut dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas.

“Bila terlalu dekat tembok, tingkat panasnya akan memantul ke reflektor lampu itu sendiri. Lama kelamaan bisa mengakibatkan reflektor meleleh, hingga bohlam putus,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/11/2020).

Kemudian, memanaskan motor juga jangan terlalu lama. Cukup sekitar 3 sampai 5 menit. Mesin motor modern tidak perlu dipanaskan terlalu lama karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan.

Rendra Kusuma sebagai Kepala Bengkel Astra Center Jakarta menambahkan, memanaskan motor sebaiknya jangan dilakukan di dalam ruangan. Karena, gas buang kendaraan mengandung berbagai kandungan berbahaya bagi tubuh.

“Hal itu di antaranya gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal. Selain itu, panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara dan akan mengumpul di dalam ruangan dan ini yang berbahaya bila terhirup manusia,” kata Rendra.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Memanaskan Motor Depan Tembok Bikin Rusak Lampu?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/30/194100115/mitos-atau-fakta-memanaskan-motor-depan-tembok-bikin-rusak-lampu-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm