Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil ( Sonorabangka.id)

Percantik Kota, Pemkot Pangkalpinang Bangun Tugu Titik Nol Pulau Bangka

2 Desember 2020 13:48 WIB

SONORABANGKA.ID -  Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menuturkan saat ini pemerintah kota Pangkalpinang sedang membangun tugu Titik Nol kilometer dengan konsep berbentuk koin kuno bertuliskan bahasa Arab dan Cina, di sekitar eks residence atau rumah walikota itu.

Koin kuno bertuliskan bahasa Arab dan Cina tersebut, digunakan masyarakat sebagai alat tukar atau untuk transaksi dalam kehidupan pada masa lampau di Bangka Belitung.

"Titik nol yang kita buat itu adalah koin jaman kita dulu di Bangka Belitung, koin untuk tukar jual beli. Koin itu bertuliskan tulisan Arab dan Cina, jadi ikon kita, saya rasa cocok lah menjadi ikon titik nol Pulau Bangka," kata Molen Rabu (2/12/2020).

"Saya rasa ini akan jadi ikonik bagi orang yang sudah datang ke Pulau Bangka, rasanya belum lengkap kalau belum berfoto di titik nol," imbuhnya.

Pembangunan tugu tersebut ditargetkan usai sebelum akhir tahun 2020. Adapun, dana yang dianggarkan untuk pembangunan tugu itu sekitar Rp 200 juta.

"Kita targetkan tahun ini, jadi kita targetkan pas perayaan tahun baru 2021. Dana yang dianggarkan kurang lebih dari Rp 200 juta, itu sudah semua, ya," ujar Molen.

"Untuk memperindah kota kita ini, kan, kita perlu mempercantiknya, biar indah, menarik hingga orang betah untuk tinggal dan orang luar ingin datang ke Pangkalpinang. Ini upaya kita menarik wisatawan," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm