Ilustrasi olahraga di kantor
Ilustrasi olahraga di kantor ( AndreyPopov )

Apakah Semangat Berolahraga Akan Surut Jika Bekerja di Kantor ?

2 Desember 2020 15:32 WIB

SonoraBangka.id - Menurut survey, karena pekerjaannya, enam dari sepuluh pegawai kantoran tidak berusaha lagi untuk berolahraga.

Ternyata, bekerja di kantor bisa berdampak buruk untuk lingkar pinggang karena bisa memupus keinginan berolahraga.

Bisa dipahami bila banyak dari kita terpaksa menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk di meja kerja, sehingga tingkat kebugaran pun menurun.

Namun akibatnya bukan hanya itu. Sebuah studi baru menunjukkan sejauh mana kehidupan di kantor dapat memakan ‘korban’.

Dari penelitian terhadap 1.000 pekerja kantoran tentang dampak dari rutinitas kerja yang tidak teratur terhadap kesehatan dan mental serta fisik seseorang, terungkap 61 persen dari mereka tidak teratur berolahraga.

Tak sampai satu dari sepuluh (sembilan persen) yang bisa berolahraga teratur dan di bawah sepertiga (30 persen) yang kadang-kadang masih berolahraga.

Studi yang dilakukan oleh GYMGUYZ ini kemudian mencari tahu sejauh mana pekerjaan kantoran memengaruhi sikap seseorang untuk berolahraga.

Nah, hasilnya, 57 persen menyebut pekerjaan kantor yang tidak aktif sebagai penyebab penurunan kesehatan dan kebugaran mereka.

Hal itu mungkin karena banyaknya waktu duduk, yakni 92 persen mengatakan bahwa mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk.

Yang mengkhawatirkan, enam dari sepuluh (58 persen) mengatakan ini adalah rutinitas normal mereka.

Sementara itu kurangnya aktivitas olahraga membuat tubuh dan otot tidak terlatih sehingga aktivitas sehari-hari terasa lebih melelahkan.

Seperempat responden mengaku merasa kehabisan napas setelah membawa banyak barang, bahkan tujuh persen mengalami kelelahan untuk sekedar berjalan kaki ke toko.

Hampir setengah dari mereka menyalahkan usia sebagai penyebab tidak lagi mampu rutin berolahraga seperti yang mereka mau.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm