Ilustrasi bubur jali.
Ilustrasi bubur jali. ( Dok. Sajian Sedap)

Berikut Cara Membuat Bubur Jali Kacang Tanah Sajian Khas Betawi

6 Desember 2020 11:07 WIB

SonoraBangka.id - Bubur jali merupakan sajian yang dibuat dari jali Coix lacryma-jobi yang termasuk dalam tumbuhan biji-bijian atau serealia. Makanan tradisional dari Betawi yang kian langka. Tim pengembangan dan pelestarian budaya kebudayaan Betawi dari Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB),Hj Cucu Sulaicha dalam artikel Kompas.com  menyebutkan bubur jali sering jadi sajian buka puasa orang Betawi kala Ramadan. Sayangnya, bubur jali menjadi langka lantaran sudah tidak banyak pohon jali di Jakarta. Saat ini jali dapat ditemui di beberapa pasar besar seperti Pasa Senen, Pasar Glodok, atau pasar daerah Tangerang Selatan. Kamu juga bisa membeli online jali jika ingin membuat sajian ini. Berikut resep bubur jali dengan kacang tanah khas Betawi dari Sajian Sedap.

Resep bubur jali kacang tanah

Bahan:

  • 100 gram biji jali, rendam semalam
  • 100 gram kacang tanah kupas, rendam semalam
  • 3000 ml air
  • 3 lembar daun pandan, ikat
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan saus:

  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan, diikat

Cara membuat bubur jali kacang tanah:

  1. Rebus biji jali kacang tanah bersama daun pandan di dalam air sampai jali empuk di panci.
  2. Masukkan gula pasir dan garam. Masak sambil diaduk sampai kental. Sisihkan.
  3. Lanjutkan dengan membuat saus, rebus semua bahan saus sambil diaduk sampai kental.
  4. Sajikan bubur bersama saus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Bubur Jali Kacang Tanah, Makanan Tradisional Betawi dari Serealia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/04/170700975/resep-bubur-jali-kacang-tanah-makanan-tradisional-betawi-dari-serealia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm