Ilustrasi omelet telur.
Ilustrasi omelet telur. ( Dok. Shutterstock/SIAMIONAU PAVEL)

Agar Mnegembang Dan Fluffy, Berikut Ini 4 Tips Membuat Omelet

10 Desember 2020 07:50 WIB

SonoraBangka.id - Cara membuat omelet yang fluffy membutuhkan beberapa detail. Jika melewatkan detail berikut, bisa-bisa omelet jadi seperti telur dadar biasa. Omelet yang nikmat umumnya memiliki tekstur yang tidak kering. Telur yang mengembang dengan membaik, membuat tekstur omelet jadi lembu.  Berikut tips membuat omelet telur fluffy dari Taste of Home.

1. Pisahkan telur putih dan telur merah

Saat memecahkan telur, taruh telur putih di mangkuk pertama dan telur merah di mangkuk kedua. Kocok telur merah dengan lembut, beri garam dan lada. Sisihkan.

2. Kocok telur putih sampai mengembang kaku

Inilah detail penting yang tak boleh terlewat. Kocok telur putih sampai kaku (stiff peaks). Semakin kaku telur putih, akan membuat hasil omelet mengembang. Baca juga: Apel buat Hidangan Gurih, Coba Resep Frittata Telur Dadar Apel

3. Pilih teknik masak omelet

Cara paling umum masak omelet adalah dengan menggunakan teflon anti lengket, lelehkan mentega, dan masak dengan api sedang cenderung kecil. Saat sudah mau matang lipat telur. Cara masak omelet berikutnya adalah dipanggang. Caranya minyaki nampan, tambahkan telur, panggang selama dua sampai empat menit kemudian lipat jadi dua.

4. Jangan campur telur dan keju saat mengocok telur

Kamu bisa menambahkan parutan keju atau sayuran sebelum telur mau dilipat, bukan saat telur dikocok. Cara ini membuat keju lebih terasa dan tidak membuat kempis telur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Bikin Omelet Telur Gulung Fluffy, Mengembang dan Empuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/09/081600275/4-tips-bikin-omelet-telur-gulung-fluffy-mengembang-dan-empuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm