Ilustrasi berkendara saat hujan. (Larmoyeux & Bone)
Ilustrasi berkendara saat hujan. (Larmoyeux & Bone) ( kompas.com)

Mencegah Warna Mobil Agar Tidak Gampang Kusam Saat Musim Hujan

10 Desember 2020 22:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Masih banyak pemilik mobil yang malas mencuci mobil saat musim hujan. Masalahnya, mobil akan kembali kotor ketika digunakan untuk beraktivitas sehingga akan sia-sia.

Padahal, mencuci mobil menjadi salah satu upaya dasar dalam hal merawat mobil. Terutama guna mencegah warna mobil agar tidak gampang kusam.

“Minimal satu kali seminggu tetap dicuci dengan bersih. Kondisi tersebut penting untuk menjaga warna bodi mobil sehingga tidak mudah kusam karena air hujan,” ujar Anjar Rosjadi dari Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM)  ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Anjar melanjutkan, air hujan memang sudah dikenal memiliki kandungan zat asam yang akan membuat bodi mobil lama-kelamaan bisa kusam. Maka dari itu, kalau pemilik mobil malas mencuci, maka akan sangat merugikan.

Kalau memiliki waktu lebih, Anjar menganjurkan pemilik mobil untuk membilas mobil dengan air bersih setelah diguyur hujan.

Kondisi tersebut berguna untuk meniriskan air bekas hujan. Paling utama lagi, jangan biarkan air mengering dengan sendirinya dipermukaan bodi mobil.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Suparna sebagai Kepala Bengkel Auto2000. Menurut Suparna, selain tetap mencuci mobil seperti biasa, sesekali ada baiknya membawa mobil ke tempat cucian yang memiliki hidrolik.

Itu berguna untuk membersihkan area kolong mobil, terutama dari tumpukan pasir atau debu yang melekat saat melintasi genangan air.

“Kalau musim hujan seperti ini, paling tidak satu bulan sekali dicuci bagian kolongnya agar debu dan pasir turun. Karena bila menumpuk juga berisiko, bisa saja membuat per rusak karena debu atau pasir yang nempel di bagian sil dan lain-lain” kata Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kusam pada Bodi Mobil saat Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/09/180100015/cegah-kusam-pada-bodi-mobil-saat-musim-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm