Promo Helm Full Face di IMOS 2018 (KOMPAS.com / Aditya Maulana)
Promo Helm Full Face di IMOS 2018 (KOMPAS.com / Aditya Maulana) ( kompas.com)

Tidak Punya Standar Perlindungan Yang Jelas, Jangan Mau Pakai Helm Palsu

12 Desember 2020 19:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Melihat Fenomena helm KW atau disebut kloningan dan helm palsu, semakin ramai di Indonesia. Padahal helm seperti itu justru dapat merugikan pengendara.

Ahmad M dari komunitas Belajar Helm mengatakan, helm KW punya banyak sebutan, namun intinya tidak direkomendasikan. Karena tidak punya standar perlindungan yang jelas.

"Saat ini cukup banyak beredar helm KW dalam arti clone atau kloningan. Jadi bentuknya sama cuma struktur bahannya beda," kata Ahmad dalam diskusi 'Fake Helmet, Adu Gengsi Abaikan Safety' di IIMS Motobike Hybrid Show, belum lama ini.

Dikatakan Ahmad, bila produsen helm ternama, kualitasnya sudah teruji. Ada standarisasi dari badan lain mulai dari ECE, SNELL, DOT, dan bahkan SNI untuk Indonesia.

"Kalau KW tidak ada standarisasinya, baik itu KW Super, atau KW lainnya. Kalau helm original ada," kata Ahmad.

Mexvico, anggota Belajar Helm yang lain mengatakan, masih banyak konsumen membeli fake helmet untuk sekadar gaya. Padahal sayang, karena harga helm KW juga tidak murah.

"Fake brand (helm) dari merek tertentu itu harganya juga masih jutaan. Itu artinya kan memang buat gaya hidup," kata Max.

Helm custom Beda lagi dengan helm custom, saat ini banyak orang yang memodifikasi helmnya. Tujuannya banyak, agar lebih modern mengikuti zaman, atau berbeda dengan helm lain.

"Custom balik ke basik helmnya dul. Cicara custom banyak, ada yang di airbrush, dibentuk beda-beda rupa, tapi yang kita lihat paling awalnya ialah basiknya, helm apakah yang dicustom," kata Max.

"Kalau custom dari brand tertentu yang sudah teruji kelayakannya. Tapi kalau sudah custom dan merek helmnya dari antah berantah, mending tidak usah," kata Max.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kualitas Tak Terjamin, Jangan Mau Pakai Helm Palsu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/11/184200115/kualitas-tak-terjamin-jangan-mau-pakai-helm-palsu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm