Power steering hidraulik. (toyotazone.co.za)
Power steering hidraulik. (toyotazone.co.za) ( kompas.com)

Apa benar Putar Setir Sampai Mentok Bisa Bikin Power Steering Hidrolik Rusak?

14 Desember 2020 21:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada saat sedang mengemudikan mobil , pasti ada kalanya memutar setir sampai mentok, baik saat putar balik atau parkir.

Katanya pada saat memutar setir sampai mentok dan terdengar suara, bisa membuat power steeringnya rusak.

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu, ada dua jenis power steering, hidrolik dan elektrik.

Untuk pengoperasiannya, power steering hidrolik dibantu oli, sedangkan elektrik memakai motor listrik.

Ada mitos menyatakan, untuk mobil yang masih memakai power steering hidrolik dilarang memutar setir sampai mentok ketika berbelok atau putar balik, apa kah benar demikian?

Suparna sebagai Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, dalam kasus memutar setir sampai mentok, tidak akan merusak power steering hidrolik.

Power steering hidrolik sudah disesuaikan desainnya di kendaraan. Jadi pas parkir atau putar balik, walaupun setir sampai mentok, tidak akan merusak power steering,” ucap Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, ada komponen di setir yang membatasi putarannya atau biasa disebut stopper. Kalau memutar setir sampai stoppernya, masih aman untuk dilakukan.

Dikatakan Suparna, kebiasaan yang bisa merusak power steering yaitu saat mobil sedang berhenti, posisi ban tidak lurus.

“Kondisi ini pada power steering hidrolik bisa bikin rusak karena tekanan minyak kanan dan kiri enggak sama, berlebih di satu sisi. Hal ini yang menyebabkan usia seal jadi lebih pendek, karena diam tapi masih terkena tekanan” kata Suparna.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm