Ilustrasi Ibu dan bayi
Ilustrasi Ibu dan bayi ( Kompas.com)

Yuk Bunda, Bentuk Kecerdasan Bayi Sejak Dini Lewat Stimulan Sentuhan

15 Desember 2020 11:10 WIB

SonoraBangka.id - Sentuhan yang dimulai sejak bayi dalam kandungan atau 1.000 hari pertama kehidupan terbukti berpengaruh besar bagi otak bayi.

Selain faktor genetik, kecerdasan bayi juga dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi dari orangtuanya.

Dalam pemberian stimulasi ini bisa berupa tindakan sederhana seperti sentuhan lembut.

“Pada bayi dalam kandungan sampai usia dua tahun terjadi pertumbuhan yang sangat pesat, di mana fondasi kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan saraf yang optimal ditetapkan,” kata dokter spesialis neurologi anak Herbowo Seotomenggolo, dalam talkshow virtual yang diadakan Nivea beberapa waktu lalu.

Sebaiknya sejak masa kehamilan, calon ibu disarankan untuk menyentuh perut bayi dan mengajaknya berkomunikasi.

Lakukan berulang-ulang saat “bayi bangun”. Setelah lahir, stimulasi sentuhan bisa dilakukan dengan melakukan inisiasi menyusu dini (IMD), memeluk dan mengayun bayi, melakukan pijatan, hingga sentuhan antarkulit.

Herbowo mengatakan, bahwa manfaat dari sentuhan ini akan membantu perkembangan amigdala, yaitu bagian otak yang mengatur emosi dan memori.

Bayi yang rutin diberi sentuhan juga memiliki peningkatan kemampuan bicara.

Dia menambahkan, prinsip stimulasi adalah dilakukan sejak dini (masa kehamilan) dan dengan jangka waktu lebih lama.

“Lakukan secara berulang. Program yang lebih intensif memberi hasil lebih besar,” katanya.

Walaupun begitu, Herbowo mengingatkan adanya perbedaan individu. Oleh karena itu, jangan mudah membanding-bandingkan dengan anak lain.

“Walau hasilnya mungkin beda-beda, tetapi stimulasi tetap dapat menghasilkan kemajuan berbeda. Selain itu, menurut penelitian stimulasi oleh ibu lebih baik dibandingkan ayah dan bayi,” katanya.

Jadi, bagi para ibu sering-seringlah menstimulan anak dengan sentuhan, sebab ini sangat penting untuk kecerdasan dan memori bayi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stimulasi Lewat Sentuhan Merangsang Kecerdasan Bayi", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/14/151543520/stimulasi-lewat-sentuhan-merangsang-kecerdasan-bayi.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm