Ilustrasi membuat jurnal
Ilustrasi membuat jurnal ( Pixabay )

Sebelum Buat Resolusi Tahun Baru, Ketahui Dulu Manfaat Menulis Jurnal

26 Desember 2020 11:00 WIB

SonoraBangka.id - Masa pandemi ini membuat banyak rencana yang sudah disusun sejak tahun sebelumnya harus kandas alias gagal.

Ya memang, tahun 2020 ini adalah tahun yang sulit bagi kita semua.

Namun, kita juga jangan berputus asa, karena masih ada harapan di tahun mendatang.

Menurut Psikoterapis Dr Stephanie Sarkis, kita dapat mengurangi beban pikiran dengan menuliskan tujuan hidup kita ke dalam jurnal.

"Kita melalui banyak hal tahun ini, banyak krisis dan penting untuk memproses apa saja yang sudah kita lalui," kata Sarkis.

"Membuat jurnal membangun sebuah ketahanan, sehingga ketika kita melihat ke belakang, kita mungkin berkata 'ada hal sulit yang dihadapi, tapi saya bisa sampai di sini.'"

Jadi, saat ini adalah momen yang tepat untuk merancang resolusi atau tujuan hidup di tahun 2021.

Satu studi yang dimuat dalam jurnal Psychophysiology menemukan, di saat seseorang yang punya kekhawatiran menuliskan isi pikirannya, maka kecemasan tersebut akan berkurang.

Studi ini menunjukkan bagaimana mengeluarkan kekhawatiran, dari pikiran ke sebuah tulisan, dapat membantu kita memproses peristiwa kehidupan.

Diungkapkan Sarkis, bahwa saat kita fokus terlalu jauh ke depan, kita cenderung merasa cemas dan saat kita fokus pada masa lalu, kita cenderung merasa depresi.

Dengan membuat jurnal, maka akan membantu Anda tetap berada di masa kini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm