Ilustrasi udang
Ilustrasi udang ( Shutterstock)

Tetap Lurus Dan Anti Melengkung, Berikut Tips Membuat Udang Tempura

27 Desember 2020 07:01 WIB

SonoraBangka.id - Saat digoreng udang memiliki bentuk melengkung termasuk udang tempura yang kerap disajikan bersama sushi. Chef Benny Ksatria selaku Head Chef Billy Ho saat sesi #MasakdiRumah Aja pada live Instagram @kompas.travel membagikan tips membuat udang tempura lurus, tidak melengkung. Apalagi jika udang tersebut harus dimasukkan ke dalam sushi, tentunya harus memiliki bentuk yang lurus. “Ini adalah beberapa cara agar udang tempuranya tidak bengkok. Bisa dipraktikkan,” ucap Benny.

Cara membuat udang tempura lurus

Langkah pertama, kepala udang harus dilepaskan atau dipisahkan. Kemudian cuci udang hingga bersih. Buka atau kupas pelan-pelan kulitnya dengan cara pegang di perut. Selanjutnya kupas kulitnya dari bagian pinggir. “Lalu sayat punggungnya, hilangkan bagian hitam. Kemudian sayat bagian tengah, usahakan ukurannya sama,” kata dia. Setelah itu, balik udang dan tekan ke bawah hingga padat dengan tujuan agar udang tidak bengkok. Kemudian taburi sedikit garam. Tips selanjutnya, ketika hendak menggoreng udang tempura, sebaiknya masukkan terlebih dahulu ke tepung kering baru ke tepung basah. Hal inilah yang membedakan udang tempura dengan menggoreng udang tepung biasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Bikin Udang Tempura Lurus, Anti Melengkung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/21/192301675/tips-bikin-udang-tempura-lurus-anti-melengkung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm