Ilustrasi kulit ayam tandoori
Ilustrasi kulit ayam tandoori ( SHUTTERSTOCK/NKUMPAMG)

Cauliflower Tandoori Chicken Skin,Olahan Kulit Ayam Dimasak Ala India

28 Desember 2020 15:20 WIB

SonoraBangka.id - Cauliflower Tandoori Chicken Skin merupakan olahan kulit ayam yang dimasak dengan teknik memasak ala India. Bahannya cukup mudah untuk didapatkan, cara membuatnya juga praktis. Sajian ala India yang satu ini mungkin cocok buatmu jika bosan dengan bosan dengan olahan kulit ayam goreng. Resep kulit ayam ini bisa jadi ide makan siang yang menggugah selera. Berikut resep Cauliflower Tandoori Chicken Skin yang dilansir dari Tasting Table.

Resep Cauliflower Tandoori Chicken Skin

Bahan:

  • 1,5 kg kulit ayam 1 sdm minyak kanola
  • 2 sdm bumbu tandoori masala bubuk
  • ½ sdt garam

Bahan untuk saus raita:

  • 100 gram daun ketumbar
  • 100 gram daun mint
  • 50 gram Greek yogurt
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • ¾ sdt garam
  • 62,5 ml minyak kanola

Bahan untuk kol kembang:

  • Minyak kanola secukupnya, untuk menggoreng
  • 1 kembang kol kembang, potong berukuran 3 cm
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Membuat kulit ayam tandoori, letakkan kulit ayam di atas talenan, sisi kulitnya menghadap ke bawah. Gunakan pisau tajam untuk mengikir lemaknya.
  2. Letakkan kulit ayam yang sudah dibersihkan. Dinginkan di lemari es hingga mengering tanpa perlu ditutup dengan apa pun. Dinginkan selama 1 hingga 24 jam.
  3. Panaskan oven hingga 150 derajat celsius. Keluarkan kulit ayam yang sudah didinginkan di mangkuk besar dan pijat dengan minyak kanola, bubuk tandoori masala, dan garam.
  4. Masukkan kulit ayam di loyang panggangan. Panggang hingga garing selama 45 menit hingga 1 jam. Kalau sudah matang, dinginkan selama beberapa menit dan potong sesuai selera.
  5. Saus raita: blender daun ketumbar, daun mint, Greek yogurt, bawang putih, dan garam hingga halus. Turunkan kecepatan dan tambahkan minyak. Kalau sudah halus, tuang ke dalam mangkuk.
  6. Masukkan ke dalam lemari es dan bisa disimpan hingga 3 hari ke depan. Saatnya menggoreng kembang kol. Tuang minyak secukupnya. Panaskan hingga 200 derajat celsius. Goreng kembang kol hingga berubah warna menjadi coklat keemasan. Goreng selama 4 menit.
  7. Pindahkan kembang kol ke dalam nampan dengan alas handuk kertas. Taburi dengan garam secukupnya.
  8. Sajikan kulit ayam dengan kol kembang goreng dan saus raita sebagai cocolannya.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kulit Ayam ala India, Cauliflower Tandoori Chicken Skin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/26/162600975/resep-kulit-ayam-ala-india-cauliflower-tandoori-chicken-skin?page=all#page2.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm