Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos)

Cara Potong Brokoli Yang Tepat Agar Semua Bagian Dapat Dikonsumsi

5 Januari 2021 12:06 WIB

SonoraBangka.id - Brokoli adalah sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis ini punya bentuk yang unik serta sayuran yang terkenal punya vitamin, serta, dan mineral yang baik untuk tubuh. Agar semua bagian brokoli dapat dikonsumsi butuh cara potong yang tepat. Dilansir dari The Kitchn, saat membeli brokoli, pilihlah yang memiliki warna hijau seragam tanpa bintik-bintik coklat atau menguning. Batang brokoli harus terasa kokoh dan mahkotanya harus kencang dan kenyal. Batang lunak atau kuntum yang lemas merupakan tanda brokoli sudah tua dan tidak segar. Simpan brokoli yang dibeli di laci kulkas sampai siap untuk diolah. Brokoli dapat disimpan lebih kurang seminggu.

Cara memotong brokoli

Brokoli harus dipotong-potong dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum mulai mengolahnya. Cara memotongnya yaitu pangkas kuntuk di batang brokoli. Kemudian, iris horizontal batang brokoli. Lanjutkan dengan potong kuntum brokoli, baru kemudian potong kuntum tersebut menjadi ukuran lebih kecil lagi yaitu seukuran gigitan. Sementara untuk batang brokoli, kupas bagian kulit luarnya karena berserat dan sulit untuk digigit. Setelah itu potong tipis secara horizontal. Sebab, batang brokoli lebih lama masak dibandingkan bagian kuntumnya. Namun demkian, rasa batang brokoli tetap enak. Tempatkan potongan brokoli ini ke dalam mangkuk kecil dan siram di bawah air untuk membersihkan kotorannya. Gosok bagian kuntum dengan jari agar nodanya hilang, jangan terlalu keras karena bisa kuntum bisa rontok. Brokoli siap dimasak menjadi berbagai makanan lezat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Potong Brokoli, Batangnya Juga Bisa Dimakan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/04/192750175/cara-potong-brokoli-batangnya-juga-bisa-dimakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm