Pisang nugget
Pisang nugget ( Shutterstock)

Tak perlu Mengukus pisang, Berikut Resep Pisang Nygget Tanpa Telur

14 Januari 2021 06:39 WIB

SonoraBangka.id - Pisang nugget adalah salah satu camilan berbahan pisang yang mudah dibuat. Umumnya pisang nugget dibuat dengan cara mengukus pisangnya terlebih dulu. Namun, dalam unggahan yang dibagikan oleh Smart Mama Vlog dalam channel Youtube tidak begitu. Camilan ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan tepung panir dan terigu. Selain itu, pada resep ini kamu tidak perlu menambahkan telur. Ikuti resep dari Smart Mama vlog berikut ini.

Resep pisang nugget tanpa telur

Bahan

  • 2 buah pisang tanduk ukuran kecil
  • 40 gram keju cheddar
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 saset susu bubuk (sekitar 27 gram)
  • 10 sdm terigu atau disesuaikan dengan kadar air pada pisang
  • Tepung panir secukupnya
  • Topping: kacang tanah, kacang almond, meses cokelat, cokelat batang, matcha bubuk, susu kental manis, keju, atau choco chip (sesuai selera)

Cara membuat pisang nugget tanpa telur

1. Potong pisang tanduk lalu haluskan dengan menggunakan garpu. Parut keju cheddar dan campur dengan pisang yang sudah dilumatkan. Tambahkan gula pasir, aduk hingga rata. Masukkan susu bubuk, aduk kembali.

2. Masukkan tepung terigu secara bertahap karena kadar air pisang berbeda-beda. Campur tepung sampai adonan tidak lengket dan bisa dibentuk. Sebagai catatan, adonan yang memakai tepung terlalu banyak akan jadi keras. Sementara, adonan yang kurang tepung akan lembek saat digoreng.

3. Ambil satu sendok adonan pisang lalu tuang ke dalam tepung panir. Bentuk persegi dengan cara menekan pelan adonan. Tata di atas loyang, simpan dalam freezer selama 20 menit sebelum digoreng.

4. Panaskan minyak, goreng pisang nugget hingga berwarna cokelat keemasan. Dinginkan terlebih dulu sebelum diberi topping. Baca juga: Ini Tingkat Kematangan Pisang, Bisa Dibuat Aneka Makanan

5. Untuk topping matcha: campur bubuk matcha instan dan susu kental manis, aduk rata. Beri 1/4 sdt air supaya tidak terlalu kental.

6. Untuk topping cokelat putih leleh: rebus air kemudian tim cokelat batang di atasnya. Jika tidak ada cokelat batang, campur choco chip dan sedikit susu cair kurang lebih 2 sendok makan, kemudian tim seperti melelehkan cokelat batang.

7. Oles topping ke atas permukaan pisang nugget yang sudah jadi. Pisang nugget siap dinikmati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Pisang Nugget Tanpa Telur, Tak Perlu Kukus Pisang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/01/13/190900875/resep-pisang-nugget-tanpa-telur-tak-perlu-kukus-pisang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm