Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU )

Yuk Kepoin, Begini Cara Menciptakan Rumah yang Tenang dan Nyaman

15 Januari 2021 10:54 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sedikit orang yang merasa hunian mereka tidak senyaman yang dibayangkan.

Kita ketahui bahwa rumah harus menjadi zona perlindungan, tempat yang hangat, dan mengundang penghuni untuk bersantai di pengujung hari.

Barang-barang menumpuk, pencahayaan tampak dingin, dan warna cat tidak seperti yang diharapkan.

Padahal, ketika berada di dalam, ada kalanya kita menginginkan ketenangan.

Namun jangan khawatir, karena ketenangan dan kenyamanan bisa Anda ciptakan sendiri.

Rumah tidak semestinya hanya menjadi tempat yang dapat menjaga dan mendukung kegiatan Anda, tetapi juga sebagai ruang untuk menemukan kedamaian dan ketenangan.

Bagaimana caranya?

Berikut rekomendasi tips yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan ruangan atau hunian untuk ketenangan pribadi:

Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting karena bukan hanya mengatur ritme keseluruhan ruang, tetapi langsung dapat memengaruhi suasana hati.

Cahaya yang terlalu terang atau kurang tepat bisa menimbulkan perasaan kekacauan atau kegelisahan sehingga mungkin berpotensi munculnya sakit kepala ringan.

Untuk itu, Anda perlu mengatur sumber cahaya di dalam ruangan sehingga bisa memberikan rasa tenang.

Tahan dorongan untuk membanjiri ruangan dengan cahaya.

Desainer biasanya memasang berbagai jenis pencahayaan. Pada tiga tingkat utama yakni lampu langit-langit, lampu meja, dan lampu lantai untuk menyorot berbagai bagian ruangan.

"Lapisan cahaya sangat penting, sehingga ada titik fokus yang berbeda," kata desainer interior Grant K. Gibson seperti dikutip dari laman The New York Times.

Dia juga menyarankan agar memasang dimmer. Memiliki lampu utama di sebuah ruangan dengan dimmer bisa sangat membantu ketika mencoba untuk mencapai suasana hati yang Anda inginkan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm