alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil (Ebay)
alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil (Ebay) ( kompas.com)

Jangan Sampai Keliru Pilih APAR untuk Mobil

18 Januari 2021 19:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan alat pemadam api ringan ( APAR) untuk menjadi peralatan tambahan di kendaraan bermotor roda empat baru.

Kendati demikian, pemilik mobil jangan sampai keliru saat membeli APAR. karena, dilihat dari jenisnya, APAR terdiri dari empat jenis. Tapi, tidak semuanya tepat untuk dibawa di mobil.

Setidaknya ada 4 jenis APAR yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan:

1. APAR jenis air

APAR ada yang jenis ini menggunakan air dengan tekanan tinggi.

APAR jenis air bisa dibilang paling ekonomis. Namun, penggunaannya lebih efektif untuk memadamkan api yang disebabkan bahan padat non logam, seperti kertas, kain, karet, plastik dan sebagainya (kebakaran kelas A).

2. APAR jenis busa

APAR jenis busa atau foam bisa dibilang lebih efektif untuk kebakaran yang disebabkan cairan seperti minyak, alkohol dan solvent (kebakaran kelas B) dan kebakaran kelas A.

Cara kerjanya adalah busa akan menutup bahan yang terbakar, sehingga oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran.

3. APAR jenis bubuk kimia

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm