Suasana terlihat ramai di kediaman pilot Sriwijaya Air SJ 182, Captain Afwan, pada kesempatan itu keluarga menunjukkan kenangan Afwan saat bertugas di maskapai Sriwijaya Air, pada Minggu (10/1/2021).
Suasana terlihat ramai di kediaman pilot Sriwijaya Air SJ 182, Captain Afwan, pada kesempatan itu keluarga menunjukkan kenangan Afwan saat bertugas di maskapai Sriwijaya Air, pada Minggu (10/1/2021). ( KOMPAS.com/AFDHALUL IKHSAN)

Jenazah Pilot Sriwijaya Air Kapten Afwan Sudah Teridentifikasi, Bupati Bogor Mengatakan Akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawanan

30 Januari 2021 09:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bogor Ade Yasin menyampaikan bahwa jenazah pilot Sriwijaya Air SJ 182 Kapten Afwan telah berhasil teridentifikasi berdasarkan hasil pencocokan data DNA antemortem dengan postmortem.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan menyiapkan dan memfasilitasi makam untuk sang pilot Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak itu.

"Tadi siang saya dapat kabar dari keluarga, jenazahnya sudah berhasil diidentifikasi. Makanya kami sedang siapkan makamnya," ucap Ade dalam keterangan tertulisnya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/1/2021).


Ade menyebut, keluarga akan menjemput jenazah Kapten Afwan ke ruang forensik Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta pada Sabtu (30/1) pagi.

Selanjutnya, tambah Ade, akan disholatkan di Masjid Ad-daulah yang tak adalah masjid yang sempat direnovasi oleh Kapten Afwan kediamannya, yakni Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE).

Setelah itu, sang kapten akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor.


Bupati Bogor janji fasilitasi pemakaman Kapten Afwan Sebelumnya, Ade Yasin sempat mendatangi kediaman Kapten Afwan pada Minggu (11/1/2021).

Kedatangan Ade saat itu untuk memberikan dukungan moral dan menguatkan keluarga korban yang jatuh dalam insiden pesawat Sriwijaya Air SJ 182 itu.

Sebab, Kapten Afwan juga merupakan warga Cibinong yang rumahnya tak jauh dari kediaman dirinya.

"Sebagai Bupati Bogor dan tetangganya, dan ini deket dengan rumah saya, jadi kedatangan saya memberi semangat dan motivasi kepada keluarga karena sampai saat ini belum jelas bagaimana nasib korban jatuhnya pesawat ini," ujar Ade.

Saat kunjungan beberapa waktu lalu itu, Ade sempat menjanjikan akan membantu prosesi pemakaman kepada keluarga bila jenazah Kapten Afwan ditemukan.

Menurutnya, jika keluarga membutuhkan sesuatu, maka akan difasilitasi oleh Pemkab Bogor.


"Keluarga tidak minta apa-apa. Tapi karena ini warga saya, jadi saya siap bantu dan fasilitasi," ujar Ade.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jenazah Pilot Sriwijaya Air Kapten Afwan Teridentifikasi, Bupati Bogor: Akan Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/01/29/23031941/jenazah-pilot-sriwijaya-air-kapten-afwan-teridentifikasi-bupati-bogor-akan.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm