Ilustrasi kanker
Ilustrasi kanker ( TOTO SIHONO)

Benarkah Kanker Bisa Dicegah dengan Menurunkan Berat Badan ?

2 Februari 2021 06:32 WIB

SonoraBangka.id - Jika kita menurunkan berat badan, maka akan meningkatkan metabolisme, menurunkan tekanan darah, hingga mengurangi risiko jantung.

Sehingga dengan menurunkan berat badan, diketahui bisa memperbaiki kondisi tubuh agar menjadi lebih sehat.

Selain itu, menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan bergizi, serta berolahraga juga membantu mencegah risiko jenis kanker tertentu.

Dari sebuah studi yang diterbitkan ke dalam jurnal Obesity, menurunkan berat badan diketahui bisa mengurangi risiko kanker terkait obesitas.

Menurut National Cancer Institute, kanker yang berkaitan dengan obesitas meliputi kanker ginjal, usus besar, pankreas, kandung empedu, hati, payudara, tiroid, serta banyak lagi.

Studi ini meninjau 4.859 orang berusia 45-76 tahun yang tidak pernah menderita kanker sebelumnya.

Studi juga melihat tren penurunan berat badan peserta selama 11 tahun.

Dua rencana penurunan berat badan diberikan kepada setiap peserta studi, yaitu intervensi gaya hidup intensif atau intensive lifestyle intervention (ILI), dan diabetes and support education (DSE).

Rencana pertama, atau intensive lifestyle intervention, diterapkan dengan mengurangi jumlah kalori harian pada setiap peserta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm