Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

Bagaimana Kopi Bisa Mempengaruhi Tekanan Darah? Berikut Penjelasannya

4 Februari 2021 10:13 WIB

SonoraBangka.Id - Beberapa orang mungkin masih mencemaskan minum kopi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal itu memang bisa jadi benar.

Tapi, kafein yang terkandung dalam kopi cenderung menyebabkan peningkatan tekanan darah hanya sementara.

Kafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang singkat, bahkan jika Anda tidak memiliki tekanan darah tinggi.

Tidak jelas apa yang menyebabkan lonjakan tekanan darah ini. Namun, beberapa peneliti percaya bahwa kafein dapat memblokir hormon yang membantu arteri tetap melebar.

Yang lain berpikir bahwa kafein bisa menyebabkan kelenjar adrenal melepaskan lebih banyak adrenalin, yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

Beberapa orang yang secara teratur minum minuman berkafein memang dilaporkan memiliki tekanan darah rata-rata lebih tinggi daripada orang yang tidak minum.

Meski demikian, orang yang secara teratur minum minuman berkafein cenderung mengembangkan toleransi terhadap kafein.

Akibatnya, kafein tidak memiliki efek jangka panjang pada tekanan darahnya. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, lebih baik tanyakan kepada dokter apakah Anda harus membatasi atau berhenti minum minuman berkafein.  

Jika Anda khawatir tentang efek kafein pada tekanan darah, coba batasi jumlah kafein yang Anda minum hingga 200 miligram sehari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm