Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Cuaca Dingin Tingkatkan Resiko Konjungtivitis, Begini Cara Mencegahnya

5 Februari 2021 08:56 WIB

SonoraBangka.Id - Musim hujan seringkali datang dengan cuaca yang dingin. Situasi ini ternyata bisa memengaruhi kondisi mata kita.

Cuaca yang dingin bisa membuat mata rentan kemerahan atau dalam istilah medis disebut konjungtivitis.

Konjungtivitis merupakan radang pada pembuluh darah di selaput yang menutupi mata, menyebabkan mata terlihat kemerahan.

Konjungtivitis bisa terjadi karena infeksi virus dan bakteri. Namun, penyakit ini juga bisa terjadi akibat paparan alergen atau iritan seperti asap, klorin, atau kotoran.

Mengapa konjungtivitis sering terjadi saat cuaca dingin?

Cuaca dingin seringkali membuat bakteri dan virus berkembang pesat. Konjungtivitis juga bisa menyebar melalui kontak lansung dengan orang yang memang sudah terpapa bakteri atau virus seperti pilek dan flu.

Orang yang malas mencuci tangan dan sering menyentuh area wajah juga beresiko tinggi mengalami konjungtivitis.

Jika kita terinfeksi, kita juga dapat mmenularkannya ke orang lain. Konjuntivis juga bisa menular ketika kita mengeluarkan ingus (tempat virus dan bakteri berkumpul), lalu menyentuh mata tanpa mencuci tangan.

Ketika cuaca dingin, kita juga kurang terpapar sinar matahari yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

Kita menjadi mudah sakit dan rentan terinfeksi. Jadi, kita harus berhati-hati ketika beraktivitas, terutama dia area yang banyak dilalui orang.

Kita harus benar-benar memperhatikan dengan baik kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mudah terpapar virus dan bakteri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm