Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Anda Harus Hati Hati Ini 5 Tanda Tubuh Kurang Gerak, Apa Saja Itu?

6 Februari 2021 13:21 WIB

SonoraBangka.Id - Kebiasaan kurang gerak atau kurang bergerak bisa menjadi masalah kesehatan. Terlebih, belakangan semakin banyak orang yang memiliki kecenderungan mager atau malas gerak.

Seseorang dikatakan kurang gerak apabila aktivitasnya kebanyakan hanya duduk, berbaring, atau rebahan. Berbagai aktivitas tersebut cenderung minim menggunakan energi.

Tingkat penggunaan energi baru kentara saat seseorang melakukan aktif bergerak setidaknya 30 menit per hari.

Terdapat beberapa bahaya kurang gerak yang perlu diwaspadai, antara lain menyebabkan:

  •  Kegemukan
  •  Diabetes tipe 2
  •  Beberapa jenis kanker
  •  Penyakit jantung dan pembuluh darah
  •  Depresi
  •  Kematian dini

Kebiasaan kurang bergerak bisa memperlambat metabolisme dan mengurangi kemampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan memecah lemak.

Mengingat pentingnya peran aktif bergerak dalam menjaga kesehatan, ada baiknya setiap orang mulai meninggalkan gaya hidup mager atau sedentary lifestyle.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm