Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

5 Penyebab Osteomalasia, Kondisi Tulang Lunak Yang Perlu Diwaspadai

7 Februari 2021 09:13 WIB

SonoraBangka.Id - Kata osteomalacia atau osteomalasia berarti tulang lunak. Osteomalasia adalah penyakit yang melemahkan tulang dan dapat menyebabkan tulang lebih mudah patah.

Osteomalasia merupakan gangguan penurunan mineralisasi, yang mengakibatkan tulang rusak lebih cepat daripada yang dapat dibentuk kembali.

Gangguan muskuloskeletal ini hanya terjadi pada orang dewasa. Bila terjadi pada anak-anak, disebut dengan penyakit rakitis (kelainan pertumbuhan tulang).

Osteomalasia tidak sama dengan osteoporosis. Osteomalasia bisa dipahami secara mudah sebagai masalah tulang yang tidak mengeras.

Sedangkan osteoporisis adalah melemahnya tulang hidup yang sudah terbentuk dan sedang direnovasi.

Penyebab osteomalasia

Osteomalasia diakibatkan oleh cacat pada proses pematangan tulang. Tubuh menggunakan mineral kalsium dan fosfat untuk membantu membangun tulang yang kuat.

Seseorang mungkin mengembangkan osteomalasia jika mereka tidak mendapatkan cukup mineral tersebut dalam makanan atau jika tubuh tidak menyerapnya dengan benar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm