Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Wanita Harus Tahu 5 Penyebab Anemore, Kondisi Ketika Wanita Tidak Haid

7 Februari 2021 11:44 WIB

SonoraBangka.Id - Amenorrhea atau amenore adalah kondisi pada wanita ketika tidak mengalami menstruasi selama tahun-tahun reproduksi, antara masa pubertas dan menopause.

Amenore bukan termasuk penyakit dan bukan berarti seseorang mandul, tapi bisa jadi itu pertanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Pada masa pubertas, haid dimulai, kemudian biasanya akan terus terjadi sekitar sebulan sekali hingga wanita berusia 50 tahun.

Pada usia sekitar 50 tahun, menstruasi bberhenti sama sekali dan masa menopause dimulai. Selama kehamilan, menstruasi juga berhenti dan biasanya juga berhenti saat menyusui. Jika menstruasi tidak terjadi pada saat wanita biasanya mengharapkannya, ini adalah amenore.

Jenis amenore

Terdapat dua jenis amenore yang dapat dikenali, yakni amenore primer dan amenore sekunder.

Apa bedanya?

  • Amenore primer

Amenhorrea primer adalah saat menstruasi tidak dimulai selama masa pubertas. Jika menstruasi tidak dimulai pada usia 16 tahun, orang tersebut harus mencari bantuan medis.

Amenore primer dilaporkan jarang terjadi. Konisi ini diperkirakan hanya mempengaruhi kurang dari 0,1 persen individu.

  • Amenore sekunder

Amenore sekunder adalah saat menstruasi sudah dimulai, tetapi kemudian berhenti terjadi. Hal ini normal selama kehamilan atau saat menyusui, tetapi mungkin juga berarti ada masalah.

Satu periode haid yang hilang biasanya bukan pertanda adanya masalah kesehatan, meski banyak orang akan meminta tes kehamilan jika hal ini terjadi.

Seorang dokter akan mempertimbangkan amenore sekunder jika seseorang:

  1. Dulu ada menstruasi teratur dan kemudian tidak ada lagi selama 3 bulan
  2. Dulu mengalami menstruasi yang tidak teratur dan kemudian tidak memiliki menstruasi selama 6 bulan 

    SumberKOMPAS.com
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm