Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Anda Harus Tahu 5 Gejala Kekurangan Vitamin E Yang Perlu Diwaspadai

8 Februari 2021 10:49 WIB

SonoraBangka.Id - Tubuh membutuhkan vitamin E agar berfungsi dengan baik, sehingga menjadikannya sebagai vitamin esensial.

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Artinya, vitamin ini membutuhkan lemak dari makanan agar dapat diserap dengan baik.

Di dalam tubuh, vitamin E terutama disimpan di hati sebelum dilepaskan ke aliran darah untuk digunakan.

Kekurangan vitamin E sebenarnya jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya.

Beberapa bayi prematur mungkin juga memiliki kadar vitamin yang rendah. Bentuk vitamin E merupakan kombinasi dari delapan molekul yang sangat rumit yang disebut alpha-tocopherol.

Dengan tes darah, seorang dokter dapat mempelajari seberapa banyak dari satu bentuk alpha-tocopherol yang dimiliki seseorang.

Dengan menggunakan informasi ini, dokter dapat menentukan apakah keseluruhan tingkat vitamin E.

Kadar normal biasanya berkisar antara 5,5–17 miligram per liter (mg/L). Kisaran normal mungkin berbeda untuk bayi prematur dan anak di bawah 17 tahun. Kisaran normal juga dapat sedikit berbeda di antara laboratorium.

Ketika orang dewasa memiliki kurang dari 4 mg/L vitamin E dalam darahnya, mereka biasanya membutuhkan suplementasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm