Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

3 Penyebab Penyakit Celiac Yang Perlu Diwaspadai Dan Dihindari

9 Februari 2021 21:48 WIB

SonoraBangka.Id - Penyakit celiac adalah reaksi imun terhadap makan gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, barley, dan gandum hitam (rye).

Jika Anda menderita penyakit celiac, mengonsumsi gluten dapat memicu respons imun di usus kecil Anda.

Seiring waktu, reaksi ini bisa merusak lampiran usus kecil Anda dan mencegahnya menyerap beberapa nutrisi (malabsorpsi).

Kerusakan usus di antaranya sering menyebabkan kondisi, seperti:

  •  Diare
  •  Kelalahan
  •  Penurunan berat badan
  •  Perut kembung
  •  Anemia

Kerusakan usus keci juga dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Berikut ini adalah beberapa komplikasi penyakit celiac yang tak layak disepelekan:

  1. Malnutrisi

Ini terjadi jika usus kecil Anda tidak dapat menyerap nutrisi yang cukup. Malnutrisi dapat menyebabkan anemia dan penurunan berat badan.

Pada anak-anak, malnutrisi dapat menyebabkan pertumbuhan lambat dan perawakan pendek.

  1. Pelemahan tulang

Malabsorpsi kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan pelunakan tulang (osteomalacia atau rakhitis) pada anak-anak dan hilangnya kepadatan tulang (osteopenia atau osteoporosis) pada orang dewasa.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm