Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Tahukah Anda Mengenai 10 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

11 Februari 2021 13:02 WIB

SonoraBangka.Id - Salmon adalah ikan yang biasa dikonsumsi dan dipuji karena kandungan protein dan asam lemak omega 3-nya tinggi.

Ikan berlemak populer ini memang sarat dengan nutrisi dan dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit.

Tak hanya menyehatkan, ikan salmon juga relatif memiliki rasa yang enak enak, mudah diolah, dan banyak tersedia, sehingga cukup menggiurkan.

Berikut ini adalah kumpulkan manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mengurangi risiko kanker

Ikan salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega 3 rantai panjang EPA dan DHA. Porsi salmon budidaya 3,5 ons (100 gram) memiliki 2,3 gram asam lemak omega 3 rantai panjang, sedangkan salmon liar dalam porsi yang sama bisa mengandung 2,6 gram.

Tidak seperti kebanyakan lemak lainnya, lemak omega 3 dianggap "esensial", artinya seseorang harus mendapatkannya dari makanan karena tubuh tidak dapat membuatnya.

Meskipun tidak ada asupan harian yang direkomendasikan (RDI) asam lemak omega 3, banyak organisasi kesehatan merekomendasikan agar orang dewasa yang sehat mendapatkan minimal 250-500 mg gabungan EPA dan DHA per hari.

EPA dan DHA sendiri telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti:

  • Mengurangi peradangan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi risiko kanker Meningkatkan fungsi sel yang melapisi arteri

Analisis pada 2012 terhadap 16 studi terkontrol menemukan bahwa mengonsumsi 0,45–4,5 gram asam lemak omega 3 per hari dapat menyebabkan peningkatan signifikan pada fungsi arteri.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa mendapatkan lemak omega 3 dari ikan ini dapat meningkatkan kadar dalam tubuh sama efektifnya dengan melengkapi dengan kapsul minyak ikan.

Mengenai seberapa banyak ikan yang dimakan, mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan salmon per minggu dapat membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 orang dewasa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm