Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Inilah 10 Gejala Kanker Mulut Yang Perlu Diwaspadai Dan Diperhatikan

11 Februari 2021 15:07 WIB

SonoraBangka.Id - Kanker mulut mengacu pada kanker yang berkembang di salah satu bagian yang membentuk mulut (rongga mulut). Kanker mulut antara lain dapat terjadi pada:

  • Bibir
  • Gusi
  • Lidah
  • Lapisan bagian dalam pipi
  • Langit-laangit mulut
  • Lantai mulut (di bawah lidah)

Kanker juga dapat berkembang di kelenjar yang menghasilkan air liur, amandel di bagian belakang mulut, dan bagian tenggorokan yang berhubungan langsung dengan hidung (faring).

Namun, kondii ini jarang terjadi. Kanker mulut adalah salah satu dari beberapa jenis kanker yang dikelompokkan dalam kategori yang disebut kanker kepala dan leher. Kanker mulut dan kanker kepala dan leher lainnya sering dirawat dengan cara yang sama.

Gejala kanker mulut

Pada sebagain orang, perubahan yang terjadi pada jaringan mulut akibat kanker mulut bisa tidak disadari karena dianggap sebagai kondisi tidak berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi gejala kanker mulut:

  1. Sariawan yang tidak sembuh-sembuh dalam beberapa minggu
  2. Benjolan di mulut yang tidak kunjung sembuh
  3. Benjolan yang tidak kunjung sembuh dan tidak dapat dijelaskan di kelenjar getah bening di leher yang tidak kunjung sembuh
  4. Nyeri atau kesulitan menelan (disfagia)
  5. Perubahan suara atau masalah bicara
  6. Penurunan berat badan yang tidak disengaja
  7. Pendarahan atau mati rasa di mulut
  8. 1 atau lebih gigi yang lepas tanpa alasan yang jelas, atau soket (lubang) gigi yang tidak sembuh setelah gigi dicabut (pencabutan)
  9. Kesulitan menggerakkan rahang
  10. Bercak merah atau putih di selaput mulut

    SumberKOMPAS.com
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm