Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphoto)

Rotavirus: Orang Tua Harus Tahu Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobati

12 Februari 2021 09:00 WIB

SonoraBangka.Id - Rotavirus adalah jenis infeksi yang paling umum terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Infeksi ini sangat mudah menular. Meskipun paling sering terjadi pada anak kecil, orang dewasa juga bisa terkena infeksi rotavirus.

Bedanya, pada orang dewasa, infeksi rotavirus biasanya tidak terlalu parah. Sebelum vaksin rotavirus diperkenalkan pada 2006, infeksi dilaporkan cukup sering menyebabkan anak-anak harus pergi ke dokter, termasuk menjalani pengobatan rawat inap.

Infeksi rotavirus bahkan tercatat telah menyebabkan kematian pada sejumlah anak-anak. Untungnya kini telah tersedia vaksi rotavirus yang dilaporkan memiliki persentase lebih dari 90 persen efektif dalam mencegah penyakit rotavirus yang parah.

Rotavirus sendiri tidak diobati dengan obat-obatan. Infeksi ini biasanya sembuh sendiri seiring waktu.

Namun, dehidrasi yang bisa terjadi akibat infeksi rotavirus merupakan masalah serius. Mengetahui gejala rotavirus dan kapan harus mencari penanganan dokter penting untuk mencegah komplikasi yang mengancam jiwa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm