Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan ( Shutterstock )

Berikut Ini 3 Tips Membangun Komunikasi Berkualitas dengan " Si Dia "

14 Februari 2021 15:14 WIB

SonoraBangka.id - Hal terpenting dalam menjalin sebuah hubungan asmara adalah komunikasi berkualitas dengan orang terkasih tentunya.

Biasanya, suatu hubungan akan sulit untuk dipertahankan jika ada yang kurang dalam hal komunikasi.

Nah, sebelum hal yang buruk terjadi, ada baiknya kita dan pasangan membangun kebiasaan untuk mengembangkan komunikasi yang sehat.

Berkomunikasi setelah adanya konflik bukanlah ide yang baik, justru akan memperburuk masalah yang ada dalam hubungan tersebut.

Irene Fehr, pelatih keintiman dan seksualitas mengatakan komunikasi adalah hal yang bisa menjadi solusi bagi konflik di masa depan.

Menurut dia, ketika kita mencoba mencari cara untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan pasangan, koneksi adalah hal yang harus kita prioritaskan.

"Elemen komunikasi yang paling penting adalah koneksi," kata Fehr. Seringkali komunikasi dalam suatu hubungan terjadi tanpa koneksi dan berubah menjadi pertengkaran karena tidak ada orang yang merasa dekat, terbuka, dan selaras dengan yang lain.

Laman Elire Daily dalam artikelnya menguraikan sejumlah cara menumbuhkan komunikasi yang berkualitas dengan pasangan.

1. Sediakan waktu untuk berkomunikasi

Terkadang, belajar berkomunikasi dengan pasangan membutuhkan banyak waktu.

Meski komunikasi tampak lancar, menyisihkan waktu berbicara tentang hal penting sejak awal adalah ide yang bagus.

"Jadwalkan waktu untuk percakapan penting, seperti tentang uang, keputusan besar, anak-anak, dan bahkan seks," kata Fehr.

Meluangkan waktu dan energi untuk komunikasi dapat mencegah kesalahpahaman dan pertengkaran yang kerap hadir karena diskusi tak sehat, di mana membuat pasangan sulit untuk terhubung dan saling mendengarkan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm