Ban Motor bagian depan (Istimewa)
Ban Motor bagian depan (Istimewa) ( kompas.com)

Catat, Berikut Ini Toleransi Ganti Ukuran Ban Motor untuk Harian

15 Februari 2021 19:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Modifikasi yang paling lazim untuk dilakukan pemilik sepeda motor adalah dengan mengganti ban. Pada saat ingin mengganti ban, pemilik memiliki pilihan ingin ganti dengan ukuran yang lebih besar, kecil, atau sama dengan standar.

Tapi, bila motor tetap ingin dipakai untuk harian, memilih ukuran ban tidak bisa sembarangan. Pada saat mau dipakai harian, pemilihan ukuran ban harus tetap memikirkan faktor keselamatan saat digunakan.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk. produsen ban IRC Dodiyanto mengatakan, ada batas wajar mengganti ukuran ban motor jika mau mengganti dengan yang lebih lebar, yaitu naik satu tingkat.

“Misalnya pada bagian depan dari 110/70-17 ganti ke ukuran 120/70-17, begitu juga pada bagian belakang,” kata Dodiyanto saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Perlu diketahui, pada saat mengganti ukuran ban dengan lebih besar, akan memengaruhi akselerasi, kelincahan, bahkan sampai konsumsi bahan bakar. Selain itu, bila naik lebih dari satu tingkat, perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

“Harus cek mentok atau enggak ban dengan suspensi, rumah rem depan dan lain-lain. Pada bagian belakang, riskan mentok dengan suspensi, lengan ayun, dan bodi motor,” ucap Dodiyanto.

Tapi, bila ingin mengganti dengan ukuran yang lebih kecil, sebenarnya sangat tidak disarankan, minimal ukurannya sama dengan bawaannya. Karena bila mengganti dengan ukuran yang lebih kecil, risiko bahayanya akan lebih besar.

“Kalau ganti ukuran yang lebih kecil, akan memengaruhi keselamatan dan kenyamanan pada saat menikung, mengerem, dan saat hujan pembuangan air tidak maksimal,” ucap Dodiyanto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Begini Toleransi Ganti Ukuran Ban Motor untuk Harian", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/15/125300315/catat-begini-toleransi-ganti-ukuran-ban-motor-untuk-harian.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm