Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi ( efetova )

Hati-Hati ! Hobi Ngopi Selama Hamil, ini Dampaknya Bagi Bayi

17 Februari 2021 21:51 WIB

SonoraBangka.id - Bagi sebagian orang yang termasuk penikmat kopi, tiada hari terlewat tanpa menikmati secangkir kopi.

Namun, bagaimana jika sedang mengandung? Apakah tetap aman jika terus minum kopi? Selama masa kehamilan, sebaiknya puasa ngopi dulu.

Menurut penelitan terbaru, konsumsi kopi saat hamil dapat menyebabkan anak yang lahir mengalami gangguan perilaku di masa depan.

Hal itu terungkap dari studi terbaru yang dilakukan para peneliti di University of Rochester, New York, Amerika.

Studi tersebut meneliti 9.000 pemindaian otak dari anak berusia 9-10 tahun sebagai bagian dari studi jangka panjang terbesar tentang perkembangan otak dan kesehatan anak.

"Ada perubahan yang samar, tapi nyata pada anak yang terpapar kafein dalam kandungan," kata penulis studi John Foxe, direktur Del Monte Institute for Neuroscience di University of Rochester.

"Kopi mungkin tidak membuat perbedaan signifikan dalam perilaku anak, tetapi bagi anak yang rentan, kopi mungkin membalikkan perilaku mereka melewati ambang batas," tambah Foxe.

Studi tersebut tidak menemukan adanya perubahan pada kecerdasan atau kemampuan berpikir anak.

Selama ini, ibu hamil dianjurkan untuk membatasi asupan kafein guna menurunkan risiko keguguran atau kelahiran prematur.

Metode penelitian

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm