Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, beserta Satgas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan pemeriksaan rapid antigen di tempat hiburan malam, Kamis (18/2/2021) pukul 02.50 WIB.
Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, beserta Satgas Covid-19 Kota Pangkalpinang melakukan pemeriksaan rapid antigen di tempat hiburan malam, Kamis (18/2/2021) pukul 02.50 WIB. ( Istimewa)

Dinkes dan Satgas Covid-19 Pangkalpinang Lakukan Swab Antigen di THM

18 Februari 2021 15:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, bersama Satgas Covid-19 Kota Pangkalpinang melnggelar tes swab antigen di Tempat Hiburan Malam (THM), Kamis (18/2/2021) pukul 02:50 WIB dini hari.

Adapun sejumlah tempat hiburan malam di Pangkalpinang yang menjadi sasaran dari kegiatan tersebut yaitu Indigo, X-Bar, dan Global.

Dari 138 sample yang diambil dalam pemeriksaan ini, ada dua orang yang didapati hasilnya positif melalui tes swab atau rapid antigen.

 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus Hakim (MH).

Hakim pun mengungkapkan pemeriksaan tersebut dilakukan sebab THM memang merupakan salah satu lokasi yang menjadi tempat kerumunan banyak orang.

"Tiga tempat itu kan memang banyak kerumunanan, memang rencana kita seluruh kerumunan akan kita lakukan skrinning, dan semalam ada 138 orang yang kita lakukan pemeriksaan dan duanya ditemukan positif, karyawan di X-Bar dan Global," tutur Hakim dikutip dari Bangkapos.com, Kamis (18/2/2021).

Hakim menyebutkan, kedua orang tersebut saat itu juga langsung diambil swab PCR, dan langsung diminta untuk isolasi mandiri di rumah.

"Malam itu juga kita langsung ambil swab PCR nya, sambil menunggu hasil setelah kita data yang bersangkutan meminta untuk isolasi mandiri kita silahkan dengan laporan rumahnya memang memadai untuk isolasi mandiri," sebutnya.

Menurutnya, pemeriksaan ini dilakukan agar segera mengetahui orang tanpa gejala (OTG) yang berkeliaran.

"Dengan harapan kita ketika melakukan pemeriksaan ini masyarakat dapat sadar bahawa disekitar mereka itu ada yang positif, biar mereka itu peduli bahwa OTG itu memang ada berkeliaran," tegas Hakim.

Hakim menuturkan, kedepannya memang akan semakin banyak lagi melakukan pemeriksaan diberbagai tempat kerumunan di Kota Pangkalpinang.

"Ini pembuktian kepada masyarakat bahwa OTG itu ada, ada dekat sekitar kita jadi sama-sama kita waspada, jangan anggap ini tidak ada. Kedepannya memang akan sering lagi kita lakukan pemeriksaan seperti ini ditempat kerumunan, nanti kita akan datang dadakan siang atau malam," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Dinkes Pangkalpinang Swab Antigen ke Tempat Hiburan Malam, Dua Karyawan Diskotik Positif

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm