GFRIEND
GFRIEND ( HAI Online)

Gfriend hingga Epik High Menghilang dari Spotify, Kpopers Kompak Migrasi ke Platform Musik Lain

2 Maret 2021 06:15 WIB

BangkaSonoraID - Jagat Twitterland diramaikan dengan trending topic ‘Spotify’ pagi ini dengan 2 juta lebih cuitan. Bersamaan dengan itu, keyword ‘Kakao M’, ‘Apple Music’ hingga ‘YouTube Music’ juga turut mengemuka.

Usut punya usut, keyword tersebut bermula dari hilangnya lagu dan album korean-pop (Kpop) di platform streaming digital Spotify per 1 Maret ini. 

 Hilangnya musik Kpop di Spotify ini terjadi karena Kakao M selaku distributor sebagian album dan lagu Kpop telah menghapus semua lagu pada platform tersebut di semua wilayah di seluruh dunia.

Sebenarnya nggak seluruhnya musik Kpop dihapus dari Spotify, tapi hanya musisi yang lagu-lagunya didistribusikan oleh Kakao M yang menghilang dari aplikasi streaming tersebut. 

Terkait hal ini, Spotify akhirnya mengonfirmasi bahwa konten musik yang didistribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kadaluarsa lisensi mereka. 

 Dalam pernyataan resmi mereka, Spotify mengatakan seharusnya persetujuan pembaruan lisensi itu dilakukan agar musik-musik tersebut bisa tetap didengar di Spotify. 

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," kata Spotify. 

Kakao M mendistribusikan banyak musik dari agensi KPop terbesar, sejumlah lagu dari grup musik akhirnya benar-benar menghilang dari platform. 

Sejumlah musisi yang lagu-lagunya hilang dari Spotify antara lain MAMAMOO, Seventeen, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE

 Lalu ada BTOB, APink, P1Harmony, Dreamcatcher, EPIK HIGH, SISTAR, CRAVITY, Cosmiz Girls, dan banyak lagi artis lainnya. 

Hilangnya musik Kpop dari Spotify tentu membuat para Kpopers di seluruh dunia kecewa. Mereka pun berbondong-bondong bermigrasi ke aplikasi streaming lain mulai dari Apple Music hinga YouTube Music yang saat ini masih menyediakan lagu dan album dari artis-artis di atas.

Meme soal penghapusan musik Kpop ini juga banyak bertebaran sebagai bentuk kekecewaan mereka akan keputusan Spotify dan Kakao M tersebut. (*)

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm