( Ist / Diskominfo Babel)

Normalisasi Sungai Kurau, Gubernur Harap Dukungan Warga

11 Maret 2021 14:26 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman berupaya agar masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Kurau mau menempati lahan yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Lahan tersebut menurutnya akan diberikan kepada warga, lengkap dengan Surat Hak Milik (SHM).

"Kita ingin membuat sungai ini jadi bagus, supaya bisa mendukung aktivitas para nelayan serta kapal yang keluar dan masuk tidak terganggu. Nah, saat ini sudah waktunya kita lakukan. Melalui Program Rehabilitasi Sungai, nanti kita buat cek Dam untuk menampung pasir dari hulu sungai. Dalam kegiatan ini kita tidak ada ganti rugi, kita hanya pindahkan mereka dan tanahnya sudah di sediakan serta bersertifikat ," ujar Gubernur dihadapan masyarakat pada Kegiatan Sosialisasi Rencana Penyiapan Lahan untuk Penataan dan Normalisasi Sungai Kurau di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kurau.(10/03/21).

Orang nomor satu di Babel ini memberikan pemahaman langsung karena kondisi muara sungai saat ini sudah dangkal akibat sedimentasi.

" Kegiatan normalisasi akan segera kita lakukan dengan pengerukan di muara sungai supaya alur Sungai Kurau tidak dangkal dan lalulintas kapal nelayan pun lancar. Rumah warga di pinggir sungaipun akan ditata sedemikian rupa sehingga Sungai Kurau menjadi rapi sekaligus memperindah desa dan dapat dijadikan sebagai tempat wisata, "ujarnya.

Gubernur Erzaldi mengatakan dengan adanya normalisasi sungai, daerah ini nantinya tertata rapi dan dapat menjadi kawasan wisata.

"Saya harap agar program ini di dukung, sehingga tujuan pemerintah untuk pembangunan desa dapat terwujud,"tuturnya.

Sementara Bupati Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi karena berkat kerjasama antara Pemkab. Bateng dengan Pemprov. Babel pelaksanaan pembangunan di daerahnya menjadi lancar.

"Kehadiran gubernur ke Kurau ini untuk membuat Desa Kurau Timur dan Kurau Barat lebih baik. Dengan di normalisasinya Sungai Kurau, biar bapak dan ibu di sini senang. Kurau tertata rapi sehingga tempat ini jadi indah, bisa menjadi daerah wisata, sekaligus membuat aktivitas para nelayan lancar. Ini semua terlaksana karena sudah terjalin kerjasama yang baik dengan Pemprov. Babel, "ujarnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm