Ilustrasi lelah, tidak bisa tidur
Ilustrasi lelah, tidak bisa tidur ( SHUTTERSTOCK/Sam Wordley )

Apakah Kamu Pernah Mengalami Gangguan Tidur ? Berikut Ini 6 Tandanya

17 Maret 2021 16:28 WIB

SonoraBangka.id - Setiap orang, tidak semua mengalami gangguan tidur yang sama.

Nah, jika rutinitas pagi kita sebagian besar adalah mencoba membuka mata dan tidak pernah merasa cukup istirahat, maka kita mungkin mengalami gangguan tidur

Kamu mungkin memerlukan studi tentang tidur, untuk menentukan mana yang kamu alami.

Studi tidur adalah alat diagnostik yang membantu orang dan dokter menentukan penyebab apa yang membuat orang-orang tidak bisa tidur nyenyak.

Psikolog tidur, Katherine Hall mengatakan, studi tidur atau polisomnografi merupakan pemeriksaan tidur mendetail yang memungkinkan dokter menguji dan mendiagnosis gangguan tidur secara akurat. 

Pada dasarnya, dokter mengamati kita saat tidur untuk mencari tahu mengapa kita tidak bisa mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Biasanya, peserta studi tidur diminta menghabiskan malam di klinik tidur di mana mereka terhubung ke berbagai mesin yang mengukur parameter tertentu.

Seorang dokter penyakit dalam yang berbasis di Baltimore, Vivek Cherian, MD mengungkapkan, parameter tersebut antara lain detak jantung, kadar oksigen, gelombang otak, gerakan mata, pola pernapasan, dan fisik.

Menurut Sound Sleep Health, dokter menggunakan empat jenis sensor berbeda selama tes tidur.

Ada elektrokardiogram (EKG) untuk memonitor detak jantung, elektro-ensefalogram (EEG) memonitor aktivitas otak, elektrookulografi (EOG) memonitor pergerakan mata dan elektromiografi (EMG) memonitor pergerakan otot.

Secara total, peserta studi tidur dipasangi sekitar 20 sensor berbeda yang terpasang ke tubuh mereka (kebanyakan di sekitar kepala dan mata) selama penelitian.

Pengukuran yang diperoleh dari semua sensor ini memberikan informasi yang sangat berguna dan mendetail kepada dokter tentang gejala pasien.

Secara alami, ini mengarah pada diagnosis yang lebih akurat.

Hall, yang berspesialisasi dalam Cognitive Behavioral Therapy for Insomnia (CBT-I) di Somnus Therapy melibatkan pekerja shift untuk berpartisipasi dalam studi tidur pada siang hari guna menjelaskan efek kerja malam pada pola tidurnya.

Beberapa tes juga bisa dilakukan di rumah seperti tes apnea tidur.

Ini membutuhkan lebih banyak usaha dari pihak peserta karena kita harus menerapkan sensor ke tubuh sendiri dan memastikan untuk menggunakan peralatan dengan tepat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm