Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos )

Makanan Apa yang Perlu Dikenalkan Pertama pada Bayi? Ibu Harus Tahu !

17 Maret 2021 17:04 WIB

SonoraBangka.id - Satu-satunya makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan adalah Air susu ibu (ASI).

Namun, setelah bayi berumur 6 bulan, kebutuhan gizi makin meningkat dan tidak bisa dicukupi sepenuhnya oleh ASI.

Setelah mencapai usia 6 bulan, selain ASI bayi juga perlu mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Di usia ini sistem pencernaan bayi juga sudah siap menerima makanan selain ASI. Bayi juga sudah memiliki refleks mengunyah.

Pemberian MPASI dilakukan secara bertahap, dari makanan bertekstur lunak (bubur susu, lalu bubur saring), lembek (bubur biasa, lalu nasi tim), hingga makanan padat (nasi biasa), sesuai dengan tingkat usia bayi.

Mengenai makanan apa yang pertama kali boleh dikenalkan pada bayi, dr.I Gusti Ayu Pratiwi, Sp.A atau akrab disapa dr.Tiwi, sebenarnya bisa apa saja, tergantung pada respon si anak.

"Boleh buah dulu atau sumber karbohidrat dulu. Yang penting diperkenalkan dulu pada anak.

Kalau anak tidak suka jangan langsung berhenti karena anak perlu beradaptasi dengan rasa makanan baru," kata dokter spesialis anak dari RS.Bunda Jakarta ini.

Dr.Tiwi menambahkan, jenis makanan yang diperkenalkan juga sebaiknya disesuaikan dengan berat badan bayi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm