Gunung Rinjani
Gunung Rinjani ( SHUTTERSTOCK)

Bagaimana Cara Membakar Kalori Saat Mendaki Gunung ? Simak Berikut Ini

20 Maret 2021 08:30 WIB

SonoraBangka.id - Mendaki gunung bisa menjadi cara terbaik untuk membakar kalori, sambil memeroleh udara segar.

Jadi, tidak semua olahraga harus dilakukan di gym. Ditambah lagi, kebanyakan orang dapat mendaki gunung sesuai tingkat kebugaran mereka.

Begitu kata Marcus Shapiro, certified strength and conditioning specialist dan pemilik Fit for Trips.

"Saya pikir apa yang membuat hiking menjadi olahraga baik adalah kita memanfaatkan gerakan berjalan," kata Shapiro kepada Men's Health.

Meskipun tidak tampak berat seperti berlari di treadmill,  rata-rata pria dengan berat 79 kilogram dapat membakar 450 kalori per jam saat mendaki di medan yang datar.

Tentu saja, jumlah kalori yang terbakar tergantung pada berbagai faktor, meliputi berat badan, berat ransel, medan di pendakian, serta kecepatan berjalan.

Berat badan

Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan aktivitas fisik tergantung pada berat badan.

Pria yang memiliki berat lebih akan membakar kalori yang lebih tinggi saat berolahraga, demikian menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Berdasarkan perkiraan CDC, seseorang yang beratnya 70 kilogram membakar sekitar 370 kalori pada satu jam pendakian, -lagi-lagi, tergantung medan dan kecepatan berjalan.

Berjalan lebih cepat akan meningkatkan detak jantung, yang juga berdampak pada pembakaran kalori.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm