Buku manual pemilik mobil (Foto: Peugeot)
Buku manual pemilik mobil (Foto: Peugeot) ( kompas.com)

Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Fungsi Buku Manual Pemilik Mobil

28 Maret 2021 19:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika membeli mobil baru, konsumen akan dibekali sejumlah panduan salah satunya ialah buku manual yang berisi berbagai informasi dasar mobil.

Namun buku manual sering diabaikan. Padahal buku manual berisi informasi penting utamanya fitur dan kelengkapan, terlebih kalau mobil mengadopsi teknologi perangkat komputer.

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International, mengatakan, fungsi buku manual cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk.

"Buku manual dapat membantu konsumen non teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membukanya terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” katanya dalam rilis resmi, Sabtu (27/3/2021).

Samsudin mengatakan, buku manual bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada pemilik saat mengalami masalah atau ada pertanyaan tentang produk tertentu.

Lalu perlukah membaca manual book secara keseluruhan?

Kemungkinan tidak perlu. Samsudin mengatakan cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, kemudian membaca informasi yang dibutuhkan.

"Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book," katanya.

Sebagian besar buku manual berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan pembaca. 

“Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah," katanya.

Seiring zaman buku manual juga berkembang tidak hanya berupa fisik tapi digital. Beberapa manual book untuk perangkat komputer berbentuk CD, atau aplikasi yang bisa diunduh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Dilupakan, Ini Pentingnya Buku Manual Pemilik Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/03/28/104100815/sering-dilupakan-ini-pentingnya-buku-manual-pemilik-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm