Ilustrasi media sosial
Ilustrasi media sosial ( ftadviser.com )

MedSos Sebagai Rujukan Remaja, Bisa Mendukung Kesehatan Mental !

10 April 2021 19:56 WIB

SonoraBangka.id - Media sosial memiliki efek negatif dan positif, ibarat dua sisi mata uang.

Walau media sosial berperan dalam buruknya kesehatan mental, remaja dan orang dewasa muda mengandalkan media sosial untuk meningkatkan kesehatan mentalnya.

Selama satu tahun terakhir remaja harus berjuang menghadapi rasa bosan dan kecemasan selama pandemi, serta tidak terpenuhinya kebutuhan mereka bersosialisasi.

Tidak bisa pergi ke sekolah, tidak ada konser, restoran tutup, dan tidak ada kegiatan jalan-jalan, semuanya berperan memperburuk kesehatan mental orang muda.

Dalam sebuah riset besar yang dilakukan oleh Common Sense Media, para peneliti mensurvei 1.500 orang berusia antara 14-22 tahun tentang kebiasaan media sosial mereka dan bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan mental mereka.

Hasilnya sangat menarik untuk melihat betapa negatifnya media sosial

Hasil survei itu dimuat dalam laporan berjudul, Mengatasi COVID-19: Cara Kaum Muda Menggunakan Media Digital untuk Mengelola Kesehatan Mental.

Partisipan penelitian melaporkan bahwa mereka melihat dan terpengaruh oleh rasisme, seksisme, dan body shaming secara online.

Ada retorika daring yang penuh kebencian yang bisa sangat mengganggu kaum muda.

Di lain pihak, remaja dan orang dewasa muda menggunakan media sosial untuk meningkatkan kesehatan mental mereka dengan mencari dukungan dari orang yang menghadapi masalah yang sama dengan mereka.

Tak hanya itu saja, mereka juga memanfaatkan layanan dukungan konsultasi kesehatan online untuk menjaga kesehatan mental.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm