Ilustrasi tanaman kaktus
Ilustrasi tanaman kaktus ( UNSPLASH/SCOTT WEBB )

Kaktus Cepat Busuk Jika Kamu Lakukan 5 Kesalahan dalam Perawatan

24 April 2021 13:29 WIB

SonoraBangka.id - Dikarenakan bentuk-bentuknya yang unik dan perawatannya yang terbilang mudah, tanaman kaktus banyak dijadikan tanaman peliharaan di rumah.

Namun begitu, ada beberapa kondisi yang membuat tanaman kaktus busuk dan mati.

Menurut buku Panduan Budidaya Kaktus yang ditulis oleh Maisarah (2019), beberapa kesalahan perawatan tanaman kaktus yang bikin cepat busuk dan mati antara lain:

1. Disiram secara berlebihan

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan ketika merawat kaktus adalah menyiramnya terlalu berlebihan.

Kesalahan ini terbilang cukup fatal. Sebab, pada dasarnya tanaman kaktus adalah tanaman yang hidup di habitat kering sehingga tak perlu terlalu sering disiram seperti kebanyakan tanaman lain.

Hidup di lingkungan yang kering membuat tanaman kaktus memiliki kemampuan menyimpan cadangan air yang banyak di bagian daunnya yang menggembung.

Sehingga, ketika kekurangan air, kaktus akan memanfaatkan air cadangan tersebut.

Lalu, seberapa sering tanaman kaktus perlu disiram?

Menurut Gardening Know How, ini ditentukan oleh beberapa faktor, seperti tempat tumbuhnya kaktus, paparan cahaya, suhu udara, tipe media tanam, hingga ukuran kaktus.

Secara umum, penyiraman cukup dilakukan seminggu sekali atau jika media tanam terlihat kering.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm