( Ist)

Ketua Dekranasda Babel Apresiasi Bazar Ramadan Bandara Depati Amir

26 April 2021 14:42 WIB

SonoraBangka.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mengapresiasi diadakannya Bazar UMKM Ramadan 2021 Bandara Depati Amir dan meyakini dengan bergandengan bersama, pertumbuhan ekonomi melalui UMKM akan terus meningkat.

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa para pelaku UMKM tidak berjalan sendiri dalam mengembangkan usahanya. Pemerintah bersama BUMN dan stakeholder lainnya selalu berupaya mendampingi para pelaku UMKM.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi saat membuka secara resmi Bazar UMKM Ramadan 2021 sebagai wadah bagi para pelaku UMKM Babel untuk menjajakan produknya di selasar Bandara Depati Amir Pangkalpinang, pada Jumat (23/4/21).

Pembukaan Bazar yang ditandai oleh pengguntingan pita tersebut dilaksanakan oleh pihak PT. Angkasa Pura II Bandara Depati Amir bersama pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Babel.

Ketua Dekranasda Babel yang juga Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Babel, Melati Erzaldi menambahkan bahwa, bazar yang dilakukan di selasar area kedatangan ini menjadi strategi agar para pengunjung yang baru saja mendarat dapat melihat secara langsung produk UMKM Babel.

UMKM menjadi kontributor pergerakan ekonomi daerah bahkan negara ini. Oleh karenanya, perhatian kepada para pelaku UMKM sangat dibutuhkan. Kepada para pelaku UMKM dirinya juga berpesan agar jangan pernah kehilangan semangat.

"Modal utama adalah semangat dan tetap berpikiran positif. Dengan demikian kita akan menjadi kreatif," ungkapnya.

Sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Melati juga menjelaskan, bahwa Gekraf di Babel baru saja dibentuk di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). UMKM tidak hanya sebatas kuliner tetapi lebih dari itu, ada beberapa subsektor lainnya yang bisa dikembangkan untuk mengangkat perekonomian.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Melati Erzaldi juga mengapresiasi penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) dalam proses transaksi di bazar ini. Dengan pembayaran cashless atau non tunai, selain untuk memudahkan juga menjadi solusi untuk tetap menjaga jarak satu sama lain dalam rangka mengantisipasi covid-19.

Sementara itu, dalam sambutan Executif General Manager, PT. Angkasa Pura II Bandara Depati Amir, Muhammad Syahril dilaporkan bahwa Bazar Ramadan Bandara Depati Amir ini merupakan sinergitas antara BUMN untuk Indonesia, dalam mendukung program pemerintah secara langsung untuk pemulihan perekonomian di masa pemulihan pandemi Covid-19.

Dengan demikian, diharapkan melalui bazar ini dapat meningkatkan perekonomian khususnya di Babel. Bazar ini diikuti oleh berbagai pelaku UMKM yang menempati 13 stan yang telah disediakan.

Dalam rangka menaikkan kelas UMKM, Kementerian BUMN juga menyediakan beberapa market place, salah satunya adalah aplikasi Pusat Digital (PADI) yang dapat diunduh di ponsel.

BUMN yang ada di Babel berkomitmen untuk memberikan peningkatan perekonomian untuk masyarakat.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm