ac mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani)
ac mobil (Kompas.com/Fathan Radityasani) ( kompas.com)

Pentingnya Perawatan AC Mobil Secara Rutin

2 Mei 2021 20:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Di Zaman sekarang hampir seluruh mobil baru telah dilengkapi dengan air conditioner (AC) sebagai fitur standar buat kenyamanan berkendara yang wajib ada.

AC memang bukanlah fitur utama yang berpengaruh langsung terhadap kekuatan kinerja mobil. Bukan juga fitur keamanan bagi penumpang. Tapi AC menjadi salah satu kelengkapan penunjang kenyamanan dalam berkendara.

Komponen pada AC meliputi kompresor, kondensor, evaporator, expansion valve, dryer, air filter, dan motor fan. Semua komponen tersebut saling bekerjasama mengatur suhu dalam kabin mobil agar tetap dingin.

Lalu, apakah AC jadi salah satu bagian mobil yang wajib untuk mendapatkan layanan servis rutin?

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, ada perawatan rutin yang wajib dilakukan untuk beberapa komponen AC mobil agar kinerjanya tetap optimal.

"Untuk mobil sekarang sudah dilengkapi dengan kabin air filter yang mencegah kotoran menempel ke evaporator sehingga bisa menimbulkan kebocoran atau kerusakan. Jadi yang harus dirutinkan ya pembersihan atau penggantian kabin air filter itu," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Lantas perawatan kabin air filter sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu berapa lama?

"Pembersihan kabin air filter sebaiknya dilakukan sekali setiap 10.000 kilometer. Atau jika memang sudah terlalu kotor lebih baik segera diganti," kata Didi lebih lanjut.

Ia pun menambahkan, acuan untuk mengetahui apakah kabin air filter sudah wajib untuk dibersihkan adalah ketika embusan angin dari blower sudah dirasa kurang kencang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Servis AC Mobil Secara Rutin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/02/090100415/pentingnya-servis-ac-mobil-secara-rutin.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm