Ilustrasi SPBU. (KOMPAS.com/Nursita Sari)
Ilustrasi SPBU. (KOMPAS.com/Nursita Sari) ( kompas.com)

Jangan Lupa, Tidak Perlu Lagi Goyangkan Mobil Saat Isi BBM

14 Mei 2021 18:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dewasa ini perilaku yang salah kaprah dalam memiliki serta merawat mobil masih sering ditemui. Satu diataranya kebiasaan menggoyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Masalahnya, hal tersebut dipercaya untuk membantu bahan bakar terkait masuk secara optimal ke tangki di samping mempercepat penyebaran alirannya.

Dengan begitu, muatan bensin yang bisa ditampung akan lebih banyak dibandingkan biasanya atau didiamkan saja. Padahal, ini sama sekali tidak ada manfaatnya, malah mengundang bahaya.

“Mungkin saja ada yang beranggapan bahwa dengan menggoyangkan mobil maka udara yang ada di dalam tangki akan cepat keluar,” ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, di dalam tangki bahan bakar memang ada udaranya. Tetapi, menurut Didi tanpa digoyangkan pun udara tersebut juga akan keluar dengan sendirinya saat terisi bensin.

Sehingga, menggoyangkan mobil justru dianggap sebagai perbuatan yang sia-sia saja dan tidak perlu dilakukan.

"Udara di dalam tangki dipercepat keluarnya saja, kalau tidak digoyang pun tidak apa-apa karena udara pasti akan ke atas karena terdesak oleh bensin," kata Didi.

"Perilaku tersebut sebenarnya malah menimbulkan potensi kebakaran karena ada pergesekkan antara nozzle dengan lubang tangki. Itu bisa menimbulkan percikan api, besi ketemu besi," kata Paimin, Kepala SPBU Pertamina MT Haryono di kesempatan yang berbeda.

Paimin juga mengatakan, walau gesekan yang terjadi cukup kecil tetap saja bisa memicu timbulnya listrik statis. Kalau ini terjadi, bisa saja muncul api dan mudah tersambar oleh BBM yang mengalir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Tidak Perlu Lagi Goyangkan Mobil Saat Isi BBM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/14/110100015/ingat-tidak-perlu-lagi-goyangkan-mobil-saat-isi-bbm.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm