Presiden Joko Widodo berjalan menuju podium untuk memberikan arahan dalam acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Dalam arahannya, Presiden mendorong perencanaan yang adaptif dan manfaatkan Iptek
Presiden Joko Widodo berjalan menuju podium untuk memberikan arahan dalam acara peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Dalam arahannya, Presiden mendorong perencanaan yang adaptif dan manfaatkan Iptek ( (ANTARA FOTO/Lukas))

Jokowi Sebut Kejahatan di Ruang Digital Kian Meningkat, Penipuan hingga Radikalisme

20 Mei 2021 10:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, kejahatan di ruang digital terus meningkat. Bentuk kejahatan yang beragam menurutnya menjadi tantangan serta mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

"Konten-konten negatif terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital terus meningkat. Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual kepada anak, perundungan cyber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital, perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa," kata Jokowi ketika memberikan sambutan secara virtual dalam peluncuran Program Digital Nasional, Kamis (20/5/2021).


Jokowi pun mengingatkan semua pihak untuk terus meminimalisasi konten negatif di dunia digital. Ia mengajak masyarakat membanjiri ruang digital dengan konten positif.

"Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif. Kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten kreatif yang mendidik, menyejukkan, yang menyerukan perdamaian," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyinggung pemanfaatan digital untuk peningkatan ekonomi. Salah satunya menaikkan level UMKM agar bisa bersaing dalam perdagangan digital (e-commerce). Dengan demikian, internet dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat.


Jokowi mengatakan, membangun literasi digital merupakan sebuh kerja besar. Sehingga, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. "Perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital. Saya berharap gerakan ini menggelinding dan terus membesar," ucap Jokowi.

"Bisa mendorong berbagai inisiatif di tempat lain, melakukan kerja-kerja konkret di tengah masyarakat agar makin cakap memanfaatkan internet untuk kegiatan edukatif dan produktif," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Kejahatan di Ruang Digital Terus Meningkat, dari Penipuan hingga Radikalisme", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/05/20/10273191/jokowi-kejahatan-di-ruang-digital-terus-meningkat-dari-penipuan-hingga.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm