tombol pengunci yang ada pada tuas transmisi matik (KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)
tombol pengunci yang ada pada tuas transmisi matik (KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda) ( kompas.com)

Kesalahan Pengemudi Yang Dapat Merusak Sistem Transmisi Mobil Matik

22 Mei 2021 21:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktifitas Mengemudi mobil matik bisa dikatakan lebih simpel dan mudah bila dibandingakn dengan mobil transmisi manual. Pengemudi cukup mengoperasikan pedal gas dan rem tanpa harus menginjak kopling. Selain itu, pengemudi juga tidak perlu banyak memainkan tuas transmisi mobil.

Walaupun begitu, ternyata ada hal yang perlu diperhatikan oleh pengemudi agar tidak terjadi kerusakan komponen mobil. Masih banyak kebiasaan pengemudi yang tanpa sadar akan membuat transmisi mobil matik mengalami kerusakan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ada beberapa hal atau kebiasaan mengemudi mobil matik yang berpotensi dapat merusak sistem transmisi.

"Kesalahan yang dapat merusak transmisi matik yang pertama itu memaksakan pindah gigi sebelum mobil berhenti. Misalnya dari D mau mundur, sebaiknya injak rem terlebih dahulu sampai mobil berhenti baru pindahkan ke gigi mundur," kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (20/5/2021).

Kemudian kesalahan lain yang dilakukan pengemudi mobil matik yakni menggeber mobil sebelum masuk ke posisi D. Biasanya pengemudi menggeber mobil sebelum lampu hijau di posisi N, setelah rpm tinggi lalu dipindahkan ke posisi D dengan alasan agar mobil lebih cepat melaju. Kebiasaan ini akan merusak komponen transmisi pada mobil matik.

Penggunaan gigi rendah atau L yang tidak tepat juga mengakibatkan kerusakan transmisi. Sebaiknya gunakan gigi L pada kebutuhan tertentu, misalnya untuk menajak atau turunan curam, selebihnya pakai gigi D.

Jangan terlalu agresif saat memainkan perpindahan gigi kalau menggunakan fitur triptonic. Kalau penggunaanya terlalu agresif atau bahkan cenderung kasar, dapat mengakibatkan kampas kopling matik lebih cepat aus. Dampak lebih parahnya lagi dapat mengakibatkan umur transmisi matik menjadi lebih pendek.

"Menggunakan paddle shift itu digunakan dengan wajar saja, jangan digunakan untuk performa atau tarik-tarikan yang nantinya malah merusak transmisi," ucap Didi.

Yang terakhir, menahan rem pada saat posisi gigi D yang terlalu lama. Hal tersebut akan mengakibatkan tuas transmisi cepat panas yang mengurangi performa transmisi matik. Sebaiknya gunakan gigi N pada saat berhenti di lampu merah.

Kesalan teknis lainya yang membuat transmisi matik cepat rusak yakni telat mengganti oli transmisi.  Transmisi juga butuh pelumasan untuk menggerakkan komponen didalamnya, jika tidak maka komponen transmisi akan cepat aus dan menyebabkan kerusakan.

Terakhir menderek atau mendorong mobil matik dengan cara yang salah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menderek mobil matik. Cara yang aman salah satunya dengan mengangkat roda penggerak dan jangan sampai mendorong atau menarik dengan kecepatak lebih dari 40 Km/jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesalahan Pengemudi yang Dapat Merusak Transmisi Mobil Matik ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/22/100200515/kesalahan-pengemudi-yang-dapat-merusak-transmisi-mobil-matik-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm