Mencuci mobil sendiri (www.automercatotorino.it)
Mencuci mobil sendiri (www.automercatotorino.it) ( kompas.com)

Cuci Mobil Sendiri di Rumah, Gunakan 2 Ember dan Jangan Gunakan Sabun Cuci Piring

6 Juni 2021 17:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Kegiatan mencuci mobil biasanya banyak dilakukan orang saat akhir pekan. Apalagi kalau waktunya senggang, banyak yang memilih untuk melakukannya sendiri di rumah.

Mencuci mobil merupakan salah satu cara termudah untuk merawat kendaraan. Namun, perlu diketahui, cuci mobil juga tidak bisa asal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat cuci mobil sendiri di rumah.

1. Hindari Mencuci di Bawah Terik Matahari

Presiden Direktur TOPCOAT Indonesia, Christopher Sebastian, mengatakan, jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Sebab, bisa membuat bodi dan kaca mobil banyak noda kerak air yang mengering.

"Lebih jauh, itu bisa membuat jamur," ujar Christopher, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

2. Jangan Gunakan Sabun Cuci Piring

Saat shampoo khusus mobil habis, sebagian orang mengira tidak masalah kalau menggunakan sabun cuci piring. Padahal, langkah tersebut salah dan dapat merusak cat mobil.

Christopher mengatakan, perilaku tersebut bisa membuat cat mobil menjadi kusam dan banyak goresan karena pH yang dimiliki sabun cuci piring sangat tinggi. Sebaiknya, gunakan shampoo khusus dengan pH rendah.

3. Gunakan Dua Ember Berbeda

Tak sedikit juga orang yang menggunakan satu ember saja saat mencuci mobil. Padahal, kotoran dapat bercampur kalau menggunakan ember yang sama untuk mencuci dan membilas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm